SMP di Ciamis Ini Siapkan Ruang Galeri untuk Kreatifitas Siswa

Kampus SMPN 1 Cikoneng, Kabupaten Ciamis. Foto: Ist/Net

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 1 Cikoneng Kabupaten Ciamis memanfaatkan galeri sekolah untuk mendongkrak kreatifitas para peserta didik. Galeri tersebut digunakan pihak sekolah sebagai wadah untuk menunjukkan hasil kreatifitas peserta didik.

Kepala SMPN 1 Cikoneng, Dindin Hardi, M.Pd, ketika ditemui Koran HR, di ruang kerjanya, belum lama ini, membenarkan upaya pihaknya dalam meningkatkan kreatifitas para peserta didik. Menurut dia, hasil kreatifitas peserta didik setiap hari dipajang di galeri sekolah.

Dindin menuturkan, salah satu proses pembelajaran yang harus dikembangkan oleh guru-guru yakni mengembangkan kreatifitas peserta didik secara optimal. Sekarang, guru harus lebih banyak memberikan kesempatan kepada siswa untuk berperan lebih aktif dan kreatif dalam suasana belajar yang menyenangkan.

“Membangun pemahaman yang baik para peserta akan sulit jika fisik dan psikis mereka dalam keadaan tertekan. Peserta didik dapat tumbuh dan berkembang dengan baik apabila lingkungan keluarga, masyarakat, maupun lingkungan sekolah, turut menunjang mereka dalam mengekspresikan kreatifitas mereka,” katanya.

Lebih lanjut Dindin menambahkan, ruangan khusus kreatifiats siswa atau ruangan galeri sekolah ini sengaja disediakan untuk membangkitkan semangat dan kreatifitas peserta didik. Dengan begitu mereka mampu membuat konsep karya kreatifitas dan menuangkan konsep itu menjadi sebuah karya.

“Guru dituntut melaksanakan kegiatan pembelajaran yang mendidik yaitu pembelajaran yang sesuai kurikulum dan mengaitkannya dengan konteks kehidupan sehari-hari peserta didik. Sekolah hanya memfasilitasi inovasi guru dengan membuatkan ruangan khusus kreatifitas atau galeri,” ucapnya.

Pembina galeri sekolah, Soleh, membenarkan, sekolah mencoba membuat terobosan baru dengan membuat ruangan galery khusus kreatifitas peserta didik. Menurut dia, pembuatan galeri keratifitas ini bekerjasama dengan mitra USAID Prioritas yang merupakan paket bantuan teknis kependidikan dari Amerika.

“Hasil karya peserta didik tersebut disimpan di ruangan galery dan akan dipamerkan dalam kegiatan tahunan ataupun dalam kegiatan pameran pendidikan,” katanya. (Heri/Koran-HR)

KOMENTAR ANDA

Komentar