Tanaman Ini Dipercaya Bisa Cegah Penyebaran Virus DBD

 

Ilustrasi. Photo : Ist/ Net

Berita Kesehatan, (harapanrakyat.com),-

Prof. dr. Saleha Sungkar, DAP&E.,MS.,SP.,ParK, ahli parasitologi, mengungkapkan bahwa tanaman bernama Zodia atau Evadia Suaveolens dapat menahan perkembangbiakan nyamuk pembawa virus demam berdarah, Aedis Aegypti.

Seperti dialnsir dari liputan6.com, hal itu disampaikan Saleha Sungkar, pada saat kegiatan diskusi panel mengenai virus zika di Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (UI), Salemba, Jakarta, Rabu (17/02/2016).

Menurut Saleha Sungkar, tanaman yang masuk dalam keluarga Rutaceae tersebut mengandung zat evodia mine serta rutaecarpine yang diyakini efektif untuk mengusir nyamuk.

“Memang ada banyak tanaman pengusir nyamuk, diantaranya seperti lavender, sereh, talas, serta geranium. Tapi diantara sederet tanaman itu, ada tanaman bernama zodia yang berbau keras dan tidak disenangi nyamuk. Simpan tanaman di pekarangan atau halaman rumah untuk menghindari DBD,” kata Saleha Sungkar.

Menurut Saleha, zodia dapat ditanam diantara sela-sela bunga atau bahkan semak belukar. Tanaman zodia akan mengeluarkan aroma seadainya daun-daunan tanaman ini saling bergesekan.

Hanya saja, Saleha Sungkar juga agar tanaman yang bisa menyisakan genangan dihindari. Soalnya, nyamuk dapat berkembang biak di dalam genangan tersebut. (Deni/R4/HR-Online)

KOMENTAR ANDA

Komentar