Tanggul Jebol, Areal Persawahan di Lipsos Pangandaran Terendam Banjir

Areal persawahan di blok Lipsos atau tepatnya di perbatasan Desa Ciganjeung Kecamatan Padaherang dengan Desa Tunggilis Kecamatan Kalipucang, Kabupaten Pangandaran, tergenang banjir. Foto: Entang Saeful Rachman/HR

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),-

Tanggul sungai yang berada di blok Lipsos atau tepatnya di perbatasan Desa Ciganjeung Kecamatan Padaherang dengan Desa Tunggilis Kecamatan Kalipucang, Kabupaten Pangandaran, dilaporkan jebol menyusul tingginya debit air akibat hujan deras yang terus mengguyur daerah tersebut. Akibatnya, ratusan hektar areal persawahan tergenang banjir.

Menurut Aip Irama, petani setempat, tergenangnya areal persawahan tidak hanya dipengaruhi oleh jebolnya tanggul, tetapi juga diperparah oleh meluapnya air dari anak sungai yang bermuara ke sungai citanduy. “Akibat sungai tak mampu menampung debit air yang tengah tinggi, membuat air berbalik arah. Kini arel persawahan kami sudah mirip danau mati,” ujarnya, kepada HR Online, Selasa (09/02/2016).

Sementara itu, areal pesawahan yang tergenang banjir tak hanya di Blok Lipsos, tetapi hal serupa terjadi di Blok Bebedilan Desa Tunggilis Kecamatan Kalipucang. Akibat tergenang banjir, sudah dipastikan petani setempat merugi. Pasalnya, apabila padi terendam terlalu lama, maka akan membusuk. “Sudah dipastikan musim tanam padi kali ini akan mengalami fuso apabila melihat kondisi yang terjadi,” ujarnya. (Ntang/R2/HR-Online)

KOMENTAR ANDA

Komentar