Tanggul Jebol, Puluhan Hektar Sawah di Lakbok Ciamis Terendam Banjir

Puluhan hektar sawah di Dusun Sukabagja RT 25/RW 06 Desa Kalapasawit, Kecamatan Lakbok, Kabupaten Ciamis, terendam banjir, akibat tanggul sungai jebol. Foto: Muhafid/HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Akibat dinding sungai jebol, membuat puluhan hektar sawah di Dusun Sukabagja RT 25/RW 06 Desa Kalapasawit, Kecamatan Lakbok, Kabupaten Ciamis, terendam banjir. Kondisi ini pun diperparah oleh tingginya debit air sungai menyusul hujan deras yang mengguyur daerah tersebut dalam sepekan terakhir ini.

“Sejak intensitas hujan meningkat dalam sepekan ini, membuat debit air sungai semakin bertambah deras. Kondisi itu diperparah lagi dengan banyaknya dinding sungai yang berlubang diakibatkan oleh kepiting. Akibatnya, ketika volume air sungai meningkat, dinding sungai akhirnya jebol dan membuat puluhan hektar sawah mengalami banjir,” ujar Saringun (56), petani setempat, kepada HR Online, Sabtu (20/02/2016).

Dia menjelaskan, dinding sungai atau tanggul yang berdekatan dengan sawahnya kondisinya saat ini sudah memprihatinkan. Pasalnya, setiap kali hujan deras, pasti jebol. Dan tanggul yang jebol hanya dipagari beberapa bilah bambu yang di tumpuk beberapa kantong tanah.

“Seharusnya pihak desa melakukan perbaikan tanggul. Karena kami selaku pemilik tanah yang berada di wilayah Lakbok sudah beberapa kali membayar iuran tiap panen ke pihak desa,” tegasnya.

Sementara itu, Ketua RT setempat, Suradi (51), mengatakan, jebolnya tanggul disebabkan tipisnya tanah. “Malah, banyak warga yang sengaja membuat dinding penahan dengan mengecor pinggir sungai di belakang rumahnya. Namun, warga disini tidak mau tahu persoalan tanggul. Karena kebanyakan pemilik sawah warga Banjar,” ungkapnya.

Dia menambahkan kondisi itu harus segera diatasi oleh pihak pemerintah desa. Sebab, kata dia, pungutan pajak dan iuran setiap panen tak seimbang dengan perbaikan infrastruktur sungai. “Kalau saja sungainya tidak jebol, saya yakin warga tidak resah,”katanya. (Muhafid/R2/HR-Online)

KOMENTAR ANDA

Komentar