Tertimbun Longsoran Sampah TPA Banjar, Pemilik Sawah Minta Ganti Rugi

Longsor sampah di TPA yang ada di Dusun Babakan, Desa Cibeureum, Kec. Banjar, Kota Banjar, Sabtu (13/2/2016) menutupi sebagian areal pesawahan milik warga. Photo : Nanang Supendi/HR.

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),-

Para pemilik sawah di Dusun Babakan, Desa Cibeureum, Kec. Banjar, Kota Banjar, yang sawahnya tertimbun longsoran sampah di Tempat Pembuangan Akhir (TPA), meminta ganti rugi kepada Pemerintah Kota (Pemkot) Banjar.

“Longsoran sampah dari TPA itu mengakibatkan sekitar 2.800 m3 sawah warga tertimbun. Untuk itu, kami minta ganti rugi yang sesuai,” kata salah satu petani, Iwa Soemantri, kepada HR Online, Sabtu (13/02/2016).

[Baca juga: Ini Penyebab TPA Sampah Cibeureum Banjar Longsor ]

Padahal, lanjutnya, sawah tersebut baru saja ditanami, namun kini sudah tertimbun kembali seperti halnya kejadian waktu dulu. “Saya dan petani lainnya merugi karena bibit yang sudah ditanam tidak bisa dipanen, sehingga kerugian bisa mencapai puluhan juta,” tandasnya.

[ Baca juga : DCKKTRLH Banjar Belum Mengevakuasi Longsoran Sampah, Ini Alasannya ]

Kejadian berulang seperti ini, membuat petani merasa sudah tidak maksimal bercocok tanam di sekitar TPA tersebut. Jadi, menurutnya, wajar meminta sekaligus Pemkot Banjar untuk membeli sawahnya.

“Kami ini sangat tidak diuntungkan, selain sawah juga saluran irigasi untuk mengairi pun ikut tertimbun longsoran sampah. Jadi petani lain yang sawahnya tak tertimbun, juga kena imbas,” katanya.

Dirinya berharap ada upaya dari instansi terkait untuk menyelesaikan ini secepatnya. (Nanks/R5/HR-Online)

KOMENTAR ANDA