Tidak Ada Barongsai Dalam Perayaan Imlek di Banjar

Polisi mengamankan perayaan Imlek di Klenteng yang ada di jalan Hamara Efendi, Senin (8/2/2016) malam. Photo : Hermanto/HR.

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),-

Kesenian barongsai selalu menjadi tradisi dalam menyambut Tahun Baru Imlek. Namun di Kota Banjar, atraksi barongsai yang selalu menjadi icon dalam setiap perayaan Imlek, tidak akan ada.

Rohaniwan Khonghucu, Widi mengatakan, bahwa umat Khonghucu di Kota Banjar hanya melakukan peribadatan saja, dan tidak mengadakan kegiatan lain seperti hiburan atau kesenian Barongsai.

“Tahun baru imlek sekarang ini, kami hanya mengisi dengan kegiatan peribadatan saja,” katanya kepada HR Online, Senin (8/2/2016).

Alasan tidak merayakan Tahun Baru Imlek secara meriah, karena umat Khonghucu di Kota Banjar sedikit, selain itu tidak memiliki rombongan Barongsai.

“Kami tidak pernah merayakan besar-besaran. Jika pun dirayakan, biasanya digabung dengan Ciamis dalam rangka Cap Go Meh,” ujarnya.

Dalam perayaan imlek ini, sebanyak 60 jemaat umat Khonghucu yang tengah melaksanakan ibadah di Klenteng yang ada di jalan Hamara Efendi, Senin (8/2/2016) malam sekitar pukul 19.00 WIB, mendapat penjagaan ketat dari aparat kepolisian. Hal ini untuk mencegah adanya gangguan kamtibmas. (Hermanto/R5/HR-Online)

KOMENTAR ANDA