TPAS Cibeureum Banjar Longsor, Ini Himbauan BPBD

Ilustrasi. Photo : net/ist

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),-

Terjadinya bencana longsoran sampah di Tempat Pembuangan Akhir Sampah (TPAS), Dusun Babakan Desa Cibeureum Kec. Banjar Kota Banjar, Sabtu (13/02/2016), Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Banjar menghimbau kepada warga untuk tidak melakukan kegiatan di sekitar longsoran.

“Saya himbau warga jangan dulu beraktivitas untuk sementara waktu di sekitar longsoran itu, karena tak menutup kemungkinan bahaya longsoran susulan akan terjadi, apalagi musim hujan seperti ini,” kata Pelaksana Kesiapsiagaan BPBD Kota Banjar, Uman Suhaman, saat dikonfirmasi HR Online via telepon selulernya, Sabtu (13/02/2016).

Uman menjelaskan, longsornya sampah dari TPA itu akibat hujan deras, ditambah kultur tanah yang tidak stabil sehingga mudah longsor.

“Longsoran yang terjadi kemarin sore, bukan hanya terjadi di sini (TPA.red), tetapi juga tanah perbukitan Mandalare Desa Sinartanjung mengalami hal yang sama. Beberapa rumah di sekitar atau di bawahnya hampir mengalami kerusakan,” tuturnya.

Namun, imbuh dia, bersyukur tidak menimbulkan korban jiwa. Para pemilik rumah sudah menyadari lokasi mereka berada di titik rawan longsor dan menyelamatkan diri sebelum longsor terjadi.

“Banyaknya kejadian tanah longsor akibat curah hujan tinggi yang terjadi selama ini di Kota Banjar dalam rentang terus menerus hampir setiap hari. Kami menghimbau warga yang tinggal di daerah rawan longsor selalu waspada,” pungkasnya. (Nanks/R5/HR-Online)

KOMENTAR ANDA