Waduh! Di Banjar, Mabuk Komix Rambah Pelajar

Ilustrasi. Photo : net/ist

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),-

Komix, salahsatu obat batuk cair kemasan sakset yang tidak asing di masyarakat, kali ini menjadi trend bagi anak remaja bahkan pelajar sebagai pengganti minuman keras untuk mabuk.

Pasalnya, obat yang seharusnya digunakan untuk meredakan batuk, jika dikonsumsi secara berlebihan atau melebihi dosis yang dianjurkan, maka pengguna mengalami halusinasi bahkan mabuk.

Seperti yang diungkapkan Budi (16), bukan nama sebenarnya, salah satu siswa kelas XI di salahsatu SMA di Banjar. Dia mengaku, bahwa obat batuk cair jenis komix dijadikan alternatif untuk mabuk selain minuman beralkohol.

Menurutnya, karena seringnya razia oleh Polisi maupun Satpol PP Kota Banjar, dia tergiur mengkonsumsi komix.

“Selain murah, komix bisa dibeli dengan mudah di warung maupun apotek. Kalau minuman keras kan sekarang mahal,” ujarnya kepada HR Online, Rabu (3/2/2016).

Sementara itu, Andre (21), bukan nama sebenarnya, yang juga pernah merasakan mabuk komix, mengaku menyesal mengkonsumsi obat tersebut secara berlebihan. Pasalnya, obat batuk tersebut jika dikonsumsi berlebihan secara fisik sangat merusak organ dalam tubuh.

Selain itu, katanya, mengkonsumsi makanan atau minuman yang tadinya halal jika dikonsumsi secara berlebihan dapat menjadi haram menurut agama.

“Memang dengan 10 sachet menimbulkan efek mabuk selama 6 jam. Namun, setelah saya rasakan, banyak dampak negatif pada tubuh saya. Jangan sampai anak-anak remaja jangan melakukan hal demikian, karena dampaknya akan buruk untk organ tubuh kita,” jelasnya.

Dia menambahkan, semua pihak harus bersama-sama mengkampanyekan remaja bebas narkotika, psikotoprika dan zat adiktif (Napza). (Muhafid/R5/HR-Online)

KOMENTAR ANDA

Komentar