Warga Darmacaang Ciamis Didorong Jalankan Program KRPL

Warga Darmacaang Ciamis Didorong Jalankan Program KRPL

 

Mahasiswa KKN Unigal dan pengurus Posdaya Darmagaluh berfoto bersama. Mahasiswa KKN Unigal menggaet Posdaya Darmagaluh untuk meralisasikan program Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) dengan menggunakan teknik vertikultur. Photo : Deni Supendi/ HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Kelompok Mahasiswa Peserta Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Galuh (Unigal) Ciamis, Provinsi Jawa Barat, mendorong warga Desa Darmacaang, Kecamatan Cikoneng, Kabupaten Ciamis untuk menjalankan program Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL).

Ketua Kelompok Mahasiswa peserta KKN Desa Darmacaang, Ade Heru Heriyanto, ketika ditemui HR Online, Jum`at (26/02/2016), membenarkan, pihaknya memberikan dorongan kepada masyarakat untuk memanfaatkan pekarangan rumah dengan melakukan budidaya tanaman sayuran dan obat-obatan secara vertikultur.

“Vertikultur merupakan teknik budidaya tanaman bertingkat. Pemanfaatan teknik ini memungkinkan untuk berkebun dengan memanfaatkan pekarangan rumah secara efisien,” katanya.

Ade menjelaskan, program ini sebenarnya sudah sejalan dengan program pemanfaatan pekarangan rumah yang dicanangkan oleh Pemerintah Desa Darmacaang. Hanya saja, pihaknya ingin membantu mendorong masyarakat untuk merealisasikan program desa yang belum sepenuhnya terlaksana.

“Kali ini kita buat percontohan atau demplot di sejumlah titik lokasi. Target kita, semua warga memilikinya, minimal 70 persen dari total warga Desa Darmacaang. Dalam program ini, kita menambah tanaman jenis baru, yakni pakcoy,” katanya.

Kepada HR Online, Ade menjelaskan, untuk mewujudkan program tersebut, pihaknya juga menggaet kelompok masyarakat yang tergabung dalam Pos Pemberdayaan Keluarga (Posdaya) Darmagaluh Desa Darmacaang yang sudah terbentuk pada awal bulan Februari lalu.

“Kita berharap kedepan Desa Darmacaang memiliki ikon atau dikenal sebagai pemasok sayuran, salah satunya pakcoy. Tentunya, bila sudah berhasil ini akan menjadi nilai tambah tersendiri bagi masyarakat Darmacaang,” katanya. (Deni/R4/HR-Online)

KOMENTAR ANDA

Komentar

Related articles