Warga Minta Wilayah Hegarsari Banjar Dimekarkan

 

Pemerintah Kelurahan Hegarsari, saat melakukan pertemuan bersama ratusan tokoh masyarakat, tokoh agama, pemuda dan tokoh perempuan, di kantor Kelurahan Hegarsari, Kamis (25/02/2016). Photo : Nanang Supendi/ HR

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),-

Warga Kelurahan Hegarsari, Kecamatan Pataruman, Kota Banjar, Provinsi Jawa Barat, meminta wilayahnya dimekarkan. Hal itu terungkap saat pemerintahan setempat melakukan pertemuan bersama ratusan tokoh masyarakat, tokoh agama, pemuda dan tokoh perempuan, di kantor Kelurahan Hegarsari, Kamis (25/02/2016).

Camat Pataruman, Moch. Dasuki, SH, ketika ditemui HR Online, mengatakan, warga Hegarsari sudah mewacanakan pemekaran sejak lama. Wacana itu bahkan sudah diusulkan melalui Musrenbang tiga tahun ke belakang. Namun memang belum direspon pemkot.

“Permintaan ini berbeda dengan warga Muktisari yang menghendaki berubah menjadi desa lagi. Tapi warga Hegarsari wilayahnya minta dimekarkan menjadi dua kelurahan,” tandasnya.

Menurutnya, jika melihat jumlah penduduk Hegarsari, sekarang ini jumlahnya mencapai 13 ribu jiwa. Sementara syarat wilayah baru atas pemekaran harus berpenduduk 4.500 jiwa. Maka hal itu sangat memungkinkan.

“Apalagi didukung perundang-undangan yang ada, yaitu UU 32/ 2014 serta mendapat persetujuan pemerintahan Kelurahan Hegarsari sendiri,” imbuhnya.

Dasuki mengungkapkan, alasan warga mengusulakan pemekaran tidak lain untuk lebih meningkatkan pelayanan dan percepatan pembangunan. “Hasil pertemuan dan pembahasan kemarin, pemerintah Hegarsari akan mengirimkan permohonannya hari ini, Jumat (26/02/2016) kepada Walikota Banjar,” pungkas Dasuki.

Lurah Hegarsari, Asep Yani Taruna, membenarkan bahwa pihaknya akan menindaklanjuti pertemuan tersebut dengan mengirim surat kepada pemerintah kota.

“Saya kira memang sudah pantas wilayah Kelurahan Hegarsari dimekarkan. Persyaratan Insyaalloh mendukung dan memenuhi. Tinggal menunggu kajian yang dilakukan pemkot,” ujarnya. (Nanks/R4/HR-Online)

 

KOMENTAR ANDA