Waspada! Kuliner Unik Ini Mengandung Sianida & Tetrodotoxin

Photo: Ilustrasi net/Ist.

Berita Kesehatan, (harapanrakyat.com),-

Jika Anda punya kegemaran mencoba kuliner unik dari berbagai daerah atau negara, tentu akan sangat senang ketika bertemu dengan makanan unik yang belum pernah dicoba sebelumnya. Namun, Anda harus tetap waspada terhadap jenis makanan unik yang akan dikonsumsi, meskipun makanan tersebut sangat menggoda.

Seperti dilansir dari video yang diunggah The Riches, ada lima jenis makanan unik yang menyimpan efek mematikan karena mengandung racun sianida dan tetrodotoxin yang jauh lebih berbahaya dari sianida. Kelima makanan itu adalah ikan buntal, kerang darah, anak gurita, bahkan singkong dan keluwak pun masuk dalam kategori tersebut.

Ketika berbicara mengenai kuliner unik, tak jarang bahan dasar yang digunakan berasal dari singkong. Umbi singkong dapat diolah menjadi tepung tapioka yang nantinya akan diubah menjadi berbagai makanan lezat, misalnya puding tapioka.

Di balik keeksotikannya, makanan yang akrab di wilayah Amerika Selatan, Afrika, dan Asia, termasuk di Indonesia ini, ternyata diam-diam menyimpan racun mematikan. Selain kaya vitamin, protein dan karbohidrat, umbi singkong juga mengandung senyawa yang disebut linamarine.

Meski senyawa tersebut tidak beracun, namun saat masuk ke dalam sistem pencernaan manusia, linamarine akan terurai menjadi hidrogen sianida yang mematikan.

Begitu pula keluwak atau yang dikenal dengan nama latin pengium edule, dimana keluwak merupakan rempah-rempah yang dapat dijadikan sebagai bumbu masakan, misalnya rawon. Rempah yang satu ini cukup akrab di Indonesia maupun di negara-negara Asia Tenggara lainnya.

Tapi siapa sangka, buah keluwak juga ternyata mengandung hidrogen sianida yang sangat tinggi. Mungkin Anda pun sudah mengetahuinya, bahwa hidrogen sianida adalah salah satu jenis racun yang memiliki efek mematikan. Jadi, apa salahnya bila Anda tetap waspada terhadap makanan unik yang akan dikonsumsi. (Eva/R3/HR-Online)

KOMENTAR ANDA

Komentar