Agar Tidak Punah, Disnak Ciamis Buat Penetasan Ayam Sentul

Agar Tidak Punah, Disnak Ciamis Buat Penetasan Ayam Sentul

Ilustrasi. Foto: Ist/Net

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Sebagai upaya untuk menjaga populasi agar tidak punah, Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Ciamis, pada tahun anggaran 2016 ini, mengalokasikan dana untuk membangun pusat penetasan ayam sentul di Desa Sukamaju, Kecamatan Barebeg, Kabupaten Ciamis. Dalam program ini Dinas Peternakan bekerjasama dengan sejumlah kelompok tani ternak ayam sentul.

Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Ciamis, Sutriaman, mengatakan, untuk tahap awal pembangunan pusat penetasan ayam sentul di Desa Sukamaju, pihaknya sudah menganggarkan dana sekitar Rp. 700 juta. Program ini, lanjut dia, akan digulirkan secara berkelanjutan dalam setiap tahunnya.

“Program penetasan ayam sentul ini bertujuan agar ayam ras asal Ciamis ini tidak punah. Makanya, kita membuat pusat penetasan ayam sentul. Dan nantinya DOC (anak ayam) dari hasil penetasan ini akan disebar ke sejumlah kelompok tani ternak untuk dilakukan pembesaran,” katanya, kepada Koran HR, pekan lalu.

Sutriaman menambahkan, setelah ayam sentul sudah dipatenkan oleh Kementerian Pertanian sebagai ayam ras asli Kabupaten Ciamis, tentunya harus dilakukan pelestrian untuk menjaga dari kepunahan. “Disamping itu, program ini pun untuk mensosialisasikan kepada masyarakat bahwa ayam sentul merupakan asli Ciamis. Dengan begitu, kami berharap masyarakat tertarik untuk memelihara ayam sentul dan ada rasa memiliki untuk melestarikannya,” ujarnya. (Bgj/Koran-HR)

KOMENTAR ANDA

Komentar

Related articles