Air Terjun “Curug Angin” Ciamis Berpotensi Jadi Objek Wisata

Air Terjun “Curug Angin” Ciamis Berpotensi Jadi Objek Wisata

Curug tujuh atau disebut juga Curug Angin yang terdapat di kawasan hutan jati milik Perum Perhutani di Desa Sukahurip, Kecamatan Pamarican, Kabupaten Ciamis, Provinsi Jawa Barat, memiliki panorama alam yang sangat indah. Photo: Istimewa/ebelmetal.blogspot.com

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Curug tujuh atau disebut juga Curug Angin yang terdapat di kawasan hutan jati milik Perum Perhutani di Desa Sukahurip, Kecamatan Pamarican, Kabupaten Ciamis, Provinsi Jawa Barat, memiliki panorama alam yang sangat indah.

Selain ketinggian curug yang mencapai belasan meter, sedikitnya terdapat tujuh air terjun (curug) yang berada mulai dari bawah hingga ke atas bukit. Sementara di bagian bawahnya, terdapat sebuah danau kecil yang dikelilingi dinding bebatuan.

Pengunjung bisa menikmati sejuknya air curug dengan cara berenang. Namun sayang, keindahan curug tujuh hingga saat ini masih tersimpan dan belum banyak orang yang mengetahuinya.

Anggota DPRD Kabupaten Ciamis, Drs. Oyat Nurayat, saat meninjau lokasi Curug Angin, belum lama ini, mengatakan, keindahan curug tujuh atau curug angin tersebut dapat dijadikan sebagai obyek wisata alam.

“Kami sudah meninjau ke beberapa titik lokasi yang bisa dijadikan tempat wisata alam. Salah satu lokasi curug yang kami kunjungi ada di Desa Sukahurip Pamarican. Tempat ini memiliki keindahan dan bisa dijadikan sebagi tempat wisata alam,” katanya.

Oyat mengungkapkan, untuk membuka kawasan objek wisata curug angin tersebut, Pemerintah Kabupaten Ciamis harus mengeluarkan biaya yang cukup besar. Karena selain lokasinya masih alami, jarak dari jalan raya lokasi ke curug juga lumayan jauh hingga mencapai 1,5 kilometer.

“Kami nanti akan usulkan agar curug ini bisa dikelola dan dijadikan sebuah obyek wisata alam. Menurut kami, curug angin ini sudah layak untuk dijadikan tempat wisata dan akan mampu menyerap PAD. Tinggal di tata saja, mulai akses jalan menuju curug hingga tatanan di lokasi curug,” ucapnya.

Foto: Istimewa/ibdisch.blogspot.com

Foto: Istimewa/ibdisch.blogspot.com

Kepala Desa Sukahurip, Turiman, S.Ag, ketika ditemui Koran HR, berharap Pemerintah Kabupaten Ciamis bisa membangun dan menjadikan curug angin sebagai salah satu tempat wisata alam di Kabupaten Ciamis.

“Saya berharap pemerintah melirik ikon wisata yang terletak di Desa Sukahurip. Curug angin ini airnya tak pernah surut kendati kemarau tiba,” ucapnya. (Suherman/Koran-HR)

KOMENTAR ANDA

Komentar

Related articles