Asda I Ciamis: Seminggu Sekali Pakai Pakaian Adat Sunda Saja Susah

Asda I Ciamis: Seminggu Sekali Pakai Pakaian Adat Sunda Saja Susah

Ilustrasi. Foto: Ist/Net

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Assiten Daerah I Bidang Pemerintahan Sekretariat Daerah Kabupaten Ciamis, Endang Sutresna, menyatakan pentingnya karakter kebangsaan diterapkan kepada generasi penerus bangsa. Hal itu dia sampaikan saat mengisi acara kegiatan pendidikan wawasan kebangsaan yang digelar Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Ciamis, pekan lalu. 

Endang menuturkan, saat ini negara Indonesia menghadapi perang modern dalam bidang sosial, poltik, budaya, dan ideologi. Menurut dia, perang yang sekarang terjadi bukan lagi perang fisik.

Untuk membentengi hal itu, kata Endang, generasi penerus bangsa harus memiliki karakter kuat yang memahami esensi dari ideologi dan konsep Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika.

“Setelah memahami dan mengaplikasikan yang empat itu, kami yakin akan terbentuk karakter bangsa yang kuat,” katanya.

Endang mencotohkan, saat ini untuk menerapkan nilai karakter dalam berpakaian saja di Indonesia sangat sulit. Berbeda dengan negera India dan Jepang. Warga India dan Jepang bisa dengan mudah dikenali dari pakaian yang mereka kenakan.

“Hal itu juga bisa dilihat di sejumlah film yang mereka produksi. India dan Jepang selalu menampilkan budaya dan pakaian adat mereka. Kita mah satu minggu diwajibkan pake pakaian adat sunda saja sudah susah,” katanya.

Sementara itu, Kepala Kesbangpol Ciamis, Abing Rubiana Marcusi, menuturkan, kegiatan tersebut sengaja digelar untuk menciptakan dan menumbuhkan rasa cinta kepada tanah air. kegiatan itu merujuk pada Peraturan Menteri Dalam Negeri No 71 tahun 2012 tentang Pedoman Pendidikan Wawasan Kebangsaan.

“Tentunya kami sangat berharap, peserta yang berjumlah sekitar 50 orang yang terdiri dari kader PKK, Kader Bela Negara dan Pecinta Wasbang, bisa menyosialisasikan apa yang mereka peroleh kepada masyarakat luas,” katanya. (Dsw/Koran-HR)

KOMENTAR ANDA

Komentar

Related articles