Awas! ‘Mazar’ Rusak Smartphone Android Lewat SMS

Awas! ‘Mazar’ Rusak Smartphone Android Lewat SMS

 

Ilustrasi. Photo : Ist/ net

Berita Teknologi, (harapanrakyat.com),-

Android merupakan sistem operasi smartphone yang saat ini paling banyak dipakai di penjuru dunia. Tidak heran, jika para cracker atau peretas menjadikan android sebagai salah satu bidikan. Informasi yang berhasil dihimpun dari bbc.com, sebuah perusahaan kemananan di Denmark berhasil mendeteksi malware android berbahaya yang disebar melalui SMS.

Heimdal, perusahaan keamanan Denmark, menemukan SMS berbahaya yang dikirim ke seratus ribu ponsel pintar android. SMS itu diketahui berisi malware berbahaya bernama mazar yang bisa mengancam data pengguna ponsel android.

Menurut Heimdal, malware bernama mazar itu memiliki kemampuan mengambil alih posisi pengguna sebagai administrator. Malware bernama mazar ini juga mampu menghapus seluruh data dari ponsel android, termasuk mampu membuat panggilan dan pesan tanpa diketahui pemiliknya.

Pada serangkaian ujicoba yang dilakukan Heimdal, mazar akan masuk melalui SMS berisi tautan. Ketika pengguna mengklik tautan tersebut, secara otomatis sofware tor akan terunduh. Pada proses itu, mazar menyusup ke smartphone android.

Namun begitu, Chief Executive Heimdal, Morten Kjaersgaard, memberikan saran agar pengguna lebih baik mematikan fitur instalasi dari pihak yang tidak dikenal. Selain itu, dia juga meminta pengguna untuk berhati-hati ketika membuka tautan SMS yang berasal dari nomor asing. (Deni/R4/HR-Online)

KOMENTAR ANDA

Komentar

Related articles