Awas! Sering Begadang Diabetes Mengancam

Awas! Sering Begadang Diabetes Mengancam

Photo: Ilustrasi net/Ist.

Berita Kesehatan, (harapanrakyat.com),-

Hati-hati bagi Anda yang biasa tidur malam tidak sesuai jadwal atau begadang. Sekilas memang tidak terlihat membahayakan dari kebiasaan tersebut. Yang Anda rasakan mungkin hanya rasa mengantuk dan lelah.

Namun, ternyata kebiasaan begadang memiliki resiko yang lebih tinggi untuk terkena diabetes. Seperti dilansir dari jurnal Nutrifood Research Center, bahwa sebuah penelitian menyebutkan, disaat Anda tidur, tubuh memulihkan diri dengan cara menurunkan kadar hormon kortisol atau hormon stres.

Ketika Anda kurang tidur atau begadang, maka otomatis proses alami tersebut tidak dapat berjalan dengan baik. Hal ini bisa membuat Anda jadi semakin stres. Saat hormon stres meningkat, tentunya seluruh sistem tubuh pun akan kacau. Begitu juga dengan sistem metabolisme gula di dalam tubuh Anda, akibatnya terjadi kenaikan hormon insulin yang dapat membuat Anda rentan terkena diabetes.

Selain dari faktor tersebut, begadang juga membuat kecenderungan untuk ngemil semakin tinggi. Tak jarang makanan yang biasa dikonsumsi saat begadang adalah mie instan, atau makanan ringan lainnya yang memiliki kadar garam dan gula tinggi.

Padahal, diwaktu malam kerja tubuh tidak lagi mencerna yang membuat kecepatan penyerapan gula menjadi lambat. Jumlah insulin yang dikeluarkan pun 30 persen lebih sedikit. Hal ini juga bisa menyebabkan kadar gula darah menjadi tinggi, serta dapat meningkatkan risiko untuk terkena diabetes. (Eva/R3/HR-Online)

KOMENTAR ANDA

Komentar

Related articles