Bencana Retakan Tanah di Panumbangan Ciamis Akan Diteliti BMBG

Bencana Retakan Tanah di Panumbangan Ciamis Akan Diteliti BMBG

Ilustrasi. Foto: Ist/Net

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Bupati Ciamis, H. Iing Syam Arifin, mengungkapkan, pihaknya akan segera melakukan koordinasi dengan Badan Mitigasi Bencana Geologi (BMBG) Jawa Barat, untuk meminta agar dilakukan penelitian terhadap tanah yang terkena dampak bencana pergerakan tanah di Dusun Pamekaran, Desa Payungagung, Kecamatan Panumbangan, Kabupaten Ciamis.

“Di sepanjang tanah yang terkena dampak bencana ini harus segera diteliti. Hal itu untuk memastikan apakah di daerah tersebut masih layak berdiri bangunan rumah atau tidak. Kalau ternyata tidak layak, maka seluruh rumah di daerah yang terkena dampak harus direlokasi ke tempat aman,” katanya, saat melakukan peninjauan ke lokasi bencana, Senin (28/03/2016). [Berita Terkait: Akibat Retakan Tanah, 14 Rumah di Panumbangan Ciamis Nyaris Ambruk]

Iing pun meminta warga setempat agar terus meningkatkan kewaspadaan. Terlebih, apabila saat terjadi hujan deras. Dia pun mengingatkan warga yang rumahnya sudah tidak layak huni agar segera mengungsi ke tempat aman.

“Apabila rumahnya sudah berpotensi ambruk, maka harus cepat-cepat mengungsi,” ujarnya. Saat kunjungan itu pun Bupati memberikan bantuan kepada warga yang terkena dampak bencana. (Bgj/R2/HR-Online)

KOMENTAR ANDA

Komentar

Related articles