Bentangkan Spanduk, FPM Dukung Pembangunan Pasar Muktisari Banjar

Bentangkan Spanduk, FPM Dukung Pembangunan Pasar Muktisari Banjar

Salah satu spanduk FPM berisi dukungan pembangunan Pasar Muktisari, terpasang di shelter terminal angkot yang berlokasi di area pasar. Photo: Nanang Supendi/HR.

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),-

Forum Peduli Muktisari (FPM) menyatakan dukungannya terhadap rencana revitalisasi pembangunan Pasar Muktisari, Kecamatan Langensari, Kota Banjar, dengan membentangkan spanduk di area pasar tersebut.

Ketua FPM, Eman Sulaeman, saat dikonfirmasi HR Online, Jum’at (04/03/2016), mengatakan, pemasangan spanduk itu adalah bentuk bukti dukungan pihaknya kepada Pemkot Banjar, dan siap ikut membantu memperjuangkan hak-hak pedagang.

“Selain pedagang sendiri, tentu kami pun selaku forum lokal di sini berkewajiban sama-sama mendukungnya, dan siap ikut membantu hak-hak pedagang yang semestinya diberikan oleh pemerintah,” tandasnya.

Menurutnya, hak-hak pedagang yang seharusnya diberikan pemerintah salah satunya dibuatkan los sementara di lokasi relokasi. Tapi, hingga saat ini pemerintah kota belum memberikan jawaban atas permintaan pedagang tersebut.

“Hemat saya, permintaan itu harus segera diberi kepastian dan tidak berlarut-larut, agar percepatan revitalisasi pasar ini terlaksana dengan lancar atau tidak menemui kendala,” tukasnya.

Karena menurut Eman, bagaimanapun sebuah proyek pembangunan fisik pasar harus diimbangangi kepentingan pedagang, yang pada akhirnya kondusifitas menjadi terjaga.

Pihaknya juga memandang, percepatan pembangunan Pasar Muktisari akan menambah wajah Langensari sebagai kota kedua Banjar menjadi lebih bagus, serta taraf hidup masyarakatnya pun akan semaikin meningkat.

Senada dikatakan ketua RW setempat, Eli Suherli, bahwa warganya merespon baik dan mendukung penuh pembangunan Pasar Muktisari, termasuk wilayahnya dijadikan lokasi relokasi pedagang.

“Kami juga menanti pembahasan lebih lanjut, terkait teknis relokasi sebagai wilayah yang terkena dampak relokasi. Artinya, kami berhak diajak bicara dan warga setempat dapat diberdayakan,” ujar Eli.

Sementara itu, tokoh masyarakat sekitar, Bambang, menyetujui revitalisasi pasar ini, sebab akan membawa dampak positif, khususnya bagi warga Kecamatan Langensari. Namun, dirinya berpesan kepada siapapun pelaksana proyek pembangunan pasar supaya melibatkan warganya.

“Pelaksana yang akan mengerjakan pembangunan ini bisa melibatkan warga lingkungan untuk diberdayakan sesuai kapasitas keahliannya, serta siap menjaga kondusifitas,” harap Bambang. (Nanks/R3/HR-Online)

KOMENTAR ANDA

Komentar

Related articles