Booom, Kapal Pencuri Ikan Itu Diledakkan di Laut Pangandaran

Booom, Kapal Pencuri Ikan Itu Diledakkan di Laut Pangandaran

Kapal MV Viking berbendera Nigeria ditenggelamkan setengah badan di Pantai Timur Pangandaran, Jawa Barat.

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com).-

Kementeri Kelautan dan Perikanan RI, kembali meledakkan kapal milik pencuri ikan yang berhasil ditangkap di perairan Indonesia beberapa waktu lalu. Peledakkan kali ini, Senin (14/03/2016), dilakukan di laut Pangandaran, Jawa Barat, terhadap kapal MV Viking, yang juga kapal buronan Interpol Norwegia.

Peledakan kapal tersebut berlangsung sekitar jam 12.30 WIB, dan disaksikan langsung oleh Menteri Kelautan dan Perikanan RI, Susi Pudjiastuti, yang bertugas juga sebagai Dansatgas 115, Bupati Pangandaran, Jeje Wiradinata, Kalakhar Laksadya, Ari Sembiring, serta Koordinator Satgas 115, Mas Achmad Santosa.

“Pada hari ini kita berada di sini menyaksikan realisasi komitmen Pemerintah Republik Indonesia, untuk menjadikan Indonesia sebagai poros maritim dunia. Sebagaimana telah disaksikan kita semua, dimana di hadapan kita terdapat sebuah kapal penangkap ikan bernama FV. Viking, dengan ukuran 1.322 GT,” terang Susi.

Dia juga mengatakan, bahwa kapal tersebut merupakan kapal tanpa kebangsaan yang telah lama melakukan penangkapan ikan secara ilegal di berbagai belahan dunia, dan menjadi buronan Interpol Norwgia.

“Kemudian, oleh Regional Fisheries Management Organization Samudera Antartika Selatan bernama Commission for the Conservation of Antarctic Marine Living Resources, kapal tersebut dikategorikan sebagai kapal pelaku illegal fishing,” terangnya.

Kapal FV Viking yang berbendera Nigeria itu ditenggelamkan setengah badan. Sedangkan, sebagian bodinya akan dijadikan monumen sebagai bukti komitmen pemerintah RI memberantas kegiatan illegal fishing. (Ntang/R3/HR-Online)

KOMENTAR ANDA

Komentar

Related articles