Cegah Resiko Penyakit Jantung dengan Tertawa

Cegah Resiko Penyakit Jantung dengan Tertawa

Photo: Ilustrasi net/Ist.

Berita Kesehatan, (harapanrakyat.com),-

Di zaman modern ini, penyakit jantung menjadi salah satu momok paling menakutkan bagi masyarakat. Pasalnya, banyak pola makan serta kebiasaan hidup sehari-hari yang dapat memicu seseorang terkena serangan penyakit jantung.

Berdasarkan sebuah penelitian, sepertiga dari penderita jantung meninggal dunia, bahkan pada tahun 2014 lalu, setiap menit ada saja orang yang meninggal akibat penyakit tersebut.

Dilihat dari pengobatannya, penyakit jantung juga dianggap penyakit yang mahal, karena terapi dan tindakan operasi yang dilakukan membutuhkan biaya besar. Lalu, apakah ada hal yang bisa mencegah terjadinya penyakit jantung? Tentu saja ada, yaitu tertawa.

Sebuah penelitian di University College London mengungkapkan, bahwa tertawa mampu melemaskan dinding arteri sehingga aliran dara menjadi lancar.  Hasil dari penelitian itu, ternyata tertawa sudah terbukti bisa menurunkan risiko seseorang terkena serangan penyakit jantung.

Ahli Kardiologi Klinis dari North Shore-LIJ Health System di Great Neck, New York, Jennifer H. Mieres, MD, mengungkapkan, tertawa setiap hari bisa mengurangi tekanan darah, dan idealnya dalam satu hari itu seseorang tertawa selama 15 menit.

“Ketika saya ingin menonton film, saya pasti akan selalu memilih film komedi. Selain menonton film komedi, mendengarkan musik juga menjadi salah satu cara terbaik untuk menurunkan hormon stres seperti kortisol,” ungkap Jennifer.

Intinya, penyakit jantung dapat dihindari dengan cara tertawa dan cara mudah lainnya. Yang terpenting jangan sampai stress, serta mengkonsumsi makanan sehat dan tidur yang cukup. (Eva/R3/HR-Online)

KOMENTAR ANDA

Komentar

Related articles