Daftar Tunggu Calon Haji Ciamis Capai 13 Tahun

Daftar Tunggu Calon Haji Ciamis Capai 13 Tahun

Ilustrasi. Foto: Ist/Net

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Kasi Haji dan Umroh Kantor Kementrian Agama (Kemenag) Kabupaten Ciamis, Provinsi Jawa Barat, Asep Lukman, mengatakan, calon jemaah haji yang ingin pergi haji harus rela menunggu 13 tahun. Dengan kata lain, bila ada calon haji yang mendaftar tahun ini, kemungkinan besar baru akan diberangkatkan pada tahun 2029 mendatang.  

Asep menjelaskan, menginduk pada tahun 2015, jumlah total kuota haji untuk saat ini sebesar 1205 orang untuk Ciamis dan Pangandaran. Menurut dia, untuk pemberangkatan haji Pangandaran masih menginduk ke Ciamis.

“Untuk satu tahun pendaftaran, hampir untuk dua tahun ini, rata-rata perbulan jumlah pendaftar haji mencapai 150 sampai 200 orang,” katanya, kepada Koran HR, pekan lalu.

Saat ini, kata Asep, para calon jemaah haji memasuki tahapan pemeriksaan kesehatan, mulai dari pengecekan darah, tes urin hingga jantung. Jika memiliki penyakit menular, misalnya mengidap kusta, apakah bisa berangkat dan tidaknya itu tergantung rekomendasi dari pihak pemeriksa kesehatan.

“Untuk pemberangkatan kloter pertama dari Ciamis dan Pangandaran rencananya dilakukan pada tanggal 9 Agustus 2016,” ucapnya.

Pada kesempatan itu, Asep menambahkan, pihaknya akan meningkatkan pengamanan saat pelepasan calon haji. Pasalnya, momen pelepasan calon haji kerap diwarnai aksi pencopetan. Pihaknya juga mengimbau pengantar calon haji untuk waspada dan hati-hati.

“Kami berharap pada calon jemaah yang akan berangkat tahun ini agar menjaga kesehatan. Dan ketika pihak keluarga yang akan mengantarkan calon jemaah haji agar berhati-hati menjaga barang bawaannya termasuk tidak membawa barang berharga,” tuturnya. (DSW/Koran-HR)

KOMENTAR ANDA

Komentar

Related articles