Dipercayai Ulah Hantu, Lampu PJU Dekat Kuburan di Ciamis Ini Kerap Padam

Dipercayai Ulah Hantu, Lampu PJU Dekat Kuburan di Ciamis Ini Kerap Padam

Lampu penerangan jalan umum (PJU) yang berada di jalan raya Kertahayu- Pamarican atau tepatnya di lokasi Tempat Pemakaman Umum (TPU) Samono sering kali padam. Warga mempercayai sebab hal itu karena mahluk halus. Foto: Suherman/HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Warga Dusun Cisaar, Desa Kertahayu, Kecamatan Pamarican, Kabupaten Ciamis, kerap dibuat pusing dan bingung. Pasalnya, lampu penerangan jalan umum (PJU) yang berada di jalan raya Kertahayu- Pamarican atau tepatnya di lokasi Tempat Pemakaman Umum (TPU) Samono sering kali padam. Padahal, lampu tersebut sudah sering kali diperbaiki, tetapi dalam beberapa hari kemudian padam kembali.

Saking pusingnya, warga setempat sudah enggan memperbaiki lampu PJU tersebut. Terlebih, beredar cerita mistik di warga setempat, konon lampu PJU itu selalu padam karena ulah mahluk halus atau hantu. Warga setempat mempercayai bahwa mahluk halus yang disebut-sebut sebagai penunggu kuburan tersebut enggan ada penerangan di lokasi tersebut.

Kepala Dusun Cisaar, Tatang Rahmat, mengatakan, lampu PJU yang terletak di makam Samono sudah lama dibiarkan padam. Karena meski sudah diperbaiki, menurut dia, tak lama kemudian kembali rusak.

“Lampu PJU itu bukan tidak pernah diperbaiki. Tapi, entah kenapa, setiap dilakukan perbaikan, paling hanya kuat satu dua malam, selanjutnya mati lagi. Makanya, warga disini enggan memperbaiki, karena percuma kalau rusak lagi,” ujar Tatang.

Tatang tampaknya enggan berspekulasi bahwa sering rusaknya lampu PJU tersebut akibat ulah mahluk halus. “Kalau sebabnya karena hantu penunggu makam, walahualam. Saya tidak bisa memastikan. Karena hal itu sudah di logika manusia. Namun, kenyataannya memang lampu PJU itu kalau diperbaiki, hanya kuat menyala dua hari,” terangnya.

Sementara itu, Nanang, tukang ojeg di bilangan Kertahayu, berharap lampu PJU tersebut agar segera diperbaiki. Karena kalau di saat malam, kata dia, di lokasi makam itu terasa angker menyusul tak ada satu pun lampu penerangan jalan.  “Apalagi, di lokasi PJU itu ada di sebuah tikungan tajam yang rawan kecelakaan,” katanya. (Suherman/R2/HR-Online)

KOMENTAR ANDA

Komentar

Related articles