Disdikbudpora Gelar Festival Kuliner Tradisional khas Pangandaran

Disdikbudpora Gelar Festival Kuliner Tradisional khas Pangandaran

Beragam makanan tradisional khas Pangandaran ditampilkan dalam acara Festival Kuliner saat kegiatan FLSN SMP tingkat Kabupaten Pangandaran. Photo: Entang SR/HR.

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),-

Dalam rangka memeriahkan Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) tingkat SMP se-Kabupaten Pangandaran, Dinas Pendidikan, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga (Disdikbudpora) Kabupaten Pangandaran, menggelar festival kuliner yang diikuti sepuluh UPTD Pendidikan, Rabu (23/03/2016).

Kepala Disdikbudpora Kabupaten Pangandaran, Sobar Sugema, mengatakan, festival kuliner ini merupakan pelengkap dalam rangkian acara FLS2N SMP tingkat Kabupaten Pangandaran, dan Disdikbupora mewajibkan pihak UPTD untuk menyajikan makanan khas Pangandaran.

“Dengan menampilkan festival kuliner ini tiada lain untuk menumbuh kembangkan para pegawai di lingkungan pendidikan untuk unjuk kabisa dalam hal mengolah makanan yang terbuat dari bahan dasar tradisional, seperti dari daun talas diolah sedemikian rupa menjadi salah satu makanan yang menarik,” terang Sobar.

Dalam festival kuliner ini, masing-masing kecamatan yang ada di Kabupaten Pangandaran menyajikan makanan khas daerahnya, seperti Kecamatan Kalipucang yang menyajikan makanan khasnya, yaitu sate toe.

Sementara peserta asal Kecamatan Cijulang lebih menonjolkan makanan tradisionalnya yaitu “buah leuweung” atau buah-buahan alami dari hutan, seperti pining, huni, cecendet, dan lainnya. Semua makanan yang ditampilkan merupakan makanan yang jarang ditemui.

Dalam kesempatan itu, Bupati dan Wakil Bupati Pangandaran, didampingi Kepala Disdikbudpora, langsung meninjau lokasi festival kuliner. Bahkan, Wakil Pupati Pangandaran, H. Adang Hadari, memborong makanan yang tersedia, kemudian membagikannya kepada para pegawai Setda. (Ntang/R3/HR-Online)

KOMENTAR ANDA

Komentar

Related articles