DPRD Pangandaran Jajaki Pengembangan Objek Wisata di Lahan Perhutani

DPRD Pangandaran Jajaki Pengembangan Objek Wisata di Lahan Perhutani

DPRD Pangandaran, saat mengunjungi Desa Wisata Margacinta, Kecamatan Cijulang, Kabupaten Pangandaran, beberapa waktu lalu. Foto: Madlani/HR

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),-

Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pangandaran, Provinsi Jawa Barat, Iwan M Ridwan, memberikan tugas khusus kepada Komisi II untuk ikut aktif merumuskan penataan, pengelolaan dan pengembangan objek wisata yang ada di Pangandaran. Salah satunya objek wisata yang bisa dikerjasamakan dengan Perum Perhutani.

Iwan menegaskan, pariwisata merupakan sektor andalan untuk mewujudkan Kabupaten Pangandaran menjadi destinasi wisata dunia. Hal itu sebagaimana tertuang dalam cita-cita, visi serta misi Bupati dan Wakil Bupati Pangandaran, H. Jeje Wiradinata dan H. Adang Hadari, untuk lima tahun kedepan.

Lebih lanjut, Iwan mengulas soal pengelolaan objek wisata Baturraden yang terdapat di lahan Perhutani yang ada di wilayah Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah. Pengelolaan objek wisata Baturraden tersebut melibatkan masyarakat.

“Disana masyarakat yang tergabung Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) terlibat secara langsung dalam pengelolaan objek wisata. Selain mendapat tambahan kesejahteraan dari sektor pariwisata, secara tidak langsung mereka juga menjaga kelestarian alam,” katanya, kepada Koran HR, Selasa (22/03/2016).

Iwan menambahkan, Komisi II saat ini baru melangkah dan menjajaki soal kerjasama pengembangan dan pengelolaan objek wisata yang terdapat di lahan Perum Perhutani sebagaimana yang dilakukan di Baturraden Banyumas.

“Untuk di Pangandaran, pengembangan objek wisata seperti itu (Baturraden) bisa dilakukan di wilayah Citumang. Kita bersama Pemerintah Daerah Kabupaten Pangandaran akan menjajaki kerjasama dengan Perum Perhutani,” katanya. (Mad/Koran-HR)

KOMENTAR ANDA

Komentar

Related articles