Duh…Kasus DBD di Rancah Ciamis Meningkat Tajam

Duh…Kasus DBD di Rancah Ciamis Meningkat Tajam

Photo: Ilustrasi net/Ist.

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Sejak memasuki musim penghujan, kasus demam berdarah dengue (DBD) di Kecamatan Rancah, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, meningkat tajam. Hingga akhir Februari saja, sedikitnya ada 70 kasus, dan 8 orang diantaranya positif DBD.

Pembina Desa Siaga Desa Situmandala, Kecamatan Rancah, yang juga tenaga medis di Puskesmas Rancah, Asep Yudiana, ketika dikonfirmasi HR Online, Sabtu (05/03/2016), membenarkan, bahwa warga Desa Situmandala banyak yang terjangkit DBD.

Di Desa Situmandala saja, pemeriksaan yang dilakukan tim kesehatan dari Puskesmas Rancah bersama pihak kecamatan dan segenap aparatur desa, dipimpin langsung oleh Kepala Desa Situmandala, menemukan ada 2 titik yang positif sebagai tempat berkembang biaknya nyamuk aides aigepty, yakni di Dusun Jetak dan Tarikolot.

Menurut Asep, melihat kondisi tersebut, pihaknya menganjurkan untuk sesegera mungkin dilakukan fogging atau pengasapan agar tidak menjalar ke warga lainnya.

“Temuan ini sudah kami koordinasikan dengan pihak kades, dan harus secepatnya dilakukan fogging. Alhamdulillah pak kades menyuruh besok untuk difogging,” ungkapnya.

Sedangkan, mengenai biaya penyemprotan meliputi ongkos tenaga fogging berikut biaya akomodasinya, akan ditanggung pihak pemdes. Karena, Dinas Kesehatan Kabupaten Ciamis hanya menyediakan alat dan obatnya saja. (Heri/R3/HR-Online)

KOMENTAR ANDA

Komentar

Related articles