Efek Kurang Tidur Sama Seperti Konsumsi Ganja?

Efek Kurang Tidur Sama Seperti Konsumsi Ganja?

Photo: Ilustrasi net/Ist.

Berita Kesehatan, (harapanrakyat.com),-

Sebuah penelitian terbaru yang datang dari The University of Chicago menunjukkan, bahwa efek yang terjadi saat Anda kurang tidur serupa dengan efek negatif ganja.

Seperti dilansir thehealthsite, dimana penelitian tersebut menunjukkan bahwa kurang tidur menguatkan sekaligus memperluas tingkat darah dari sinyal kimia yang meningkatkan selera makan, khususnya makanan tinggi lemak, manis atau asin.

Efek nafsu makan paling kuat terlihat saat siang dan sore hari. Mengonsumsi makanan diwaktu itu telah dikaitkan dengan penambahan berat badan. Peneliti juga menemukan, kurangnya tidur bisa meningkatkan sistem endocannabinoid.

Hal ini merupakan sistem yang ditargetkan oleh bahan aktif ganja guna meningkatkan keinginan mengkonsumsi makanan. Sinyal kimia itu adalah endocannabinoid 2-arachidonoylglycerol (2-AG), dimana kadar 2-AG biasanya rendah pada malam hari dan akan perlahan naik di siang hari, kemudian memuncak pada malam hari.

Untuk menghindari agar hal itu tidak terjadi, maka sebaiknya Anda mengatur jam tidur yang sehat mulai dari sekarang. (Eva/R3/HR-Online)

KOMENTAR ANDA

Komentar

Related articles