Even Pencak Silat, Disdikbudpora Pangandaran Diminta Kordinasi dengan IPSI

Even Pencak Silat, Disdikbudpora Pangandaran Diminta Kordinasi dengan IPSI

Ilustrasi.Foto: Ist/Net

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),-

Pengurus Cabang (Pengcab) Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Kabupaten Pangandaran, meminta Dinas Pendidikan Kebudayaan Pemuda dan Olahraga (Disdikbudpora) Kabupaten Pangandaran untuk menjalin komunikasi dan kordinasi saat menyelenggarakan even cabang olahraga pencak silat.

Wakil Ketua Umum Pengcab IPSI Pangandaran, Ai Tohpati, ketika ditemui Koran HR, belum lama ini, mengaku sangat mengapersiasi Disdikbudpora Pangandaran karena memasukan Cabang Pencak Silat dalam Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN).

“Tapi, alangkah baiknya panitia terlebih dahulu berkoordinasi dan komunikasi dengan organisasi yang mengendalikan olahraga Pencak Silat (IPSI). Karena nanti pasti ada kaitannya dengan penilaian, sehingga sangat diperlukan koordinasi,” katanya.

Ai menjelaskan, selama empat tahun kegiatan O2SN berjalan, Disdikbupora tidak pernah melibatkan organisasi IPSI, baik itu sekedar kordinasi ataupun komunikasi. Dia berharap, IPSI dapat dilibatkan dan difungsikan secara maksimal peranannya.

“Ini kritikan buat Disdikbudpora. Kedepan diharapkan ada koordinasi dan komunikasi, jangan sampai seperti ini, kurang pantas saja ada kegiatan Pencak Silat tapi tidak melibatkan IPSI,” katanya.

Kasi Dikdas Disdikbudpora Pangandaran, Wawan Waryono, S.Pd.,M.Pd, menuturkan bahwa yang bertanggungjawab menyelenggarakan kegiatan O2SN tingkat sekolah dasar adalah pihaknya. Sementara untuk O2SN tingkat SMP ada di kewenangan Dikmen.

“Terkait tim penilai untuk cabor Karate dan Pencak Silat, kami melibatkan dari padepokan. Dan untuk tingkat SD berbeda dengan tingkat menengah, pesertanya juga sedikit. Meski begitu, kami akan menggelar rapat terlebih dahulu bersama panitia teknis. Soalnya, puncak kegiatan FLS2N masih lama, yakni Bulan April,” ucapnya. (Mad/Koran-HR)

KOMENTAR ANDA

Komentar

Related articles