Gadget Terkena Air ? Ikuti Langkah Ini

14/03/2016 Berita Terbaru , Teknologi
Gadget Terkena Air ? Ikuti Langkah Ini

Ilustrasi. Photo : net/ist

Berita Teknologi, (harapanrakyat.com),-

Tentunya Anda akan panik jika gadget terkena air. Pasalnya, musuh utama dari gadget adalah air yang merupakan pengantar listrik yang paling baik. Sebab, dengan air gadget Anda pun akan terkena konsleting atau hubungan pendek, sehingga gadget tersebut menjadi rusak.

Lalu apa yang harus dilakukan jika gadget tersebut terkena air? Sebelum pergi ke tukang service, langkah awal adalah mematikan gadget tersebut kemudian cabut baterai pada gadget secepat mungkin. Baterai merupakan daya listrik yang akan memacu konsleting pada sirkuit gadget jika terkena air.

Kemudian langkah selanjutnya setelah mencabut baterai pada gadget Anda, cabut semua SIM card dan memori eksternal atau SD card. Setelah itu, keringkanlah bagian luar serta dalam. Untuk bagian luar dar gadget, bersihkan air pada bagian yang terkena dengan memakai lap yang kering.

Sementara bagian dalam, Anda harus membongkar terlebih dulu gadget tersebut, lalu bersihkan dengan lap kering. Jika tidak pakailah Vacuum Cleaner atau mesin penyedot debu, dengan mengarahkan ujung Vacuum Cleaner ke setiap sudut dari gadget selama 20-30 menit.

Akan tetapi saat mengeringkan dengan Vacuum Cleaner jangan terlalu dekat dengan gadget. Pasalnya, Vacuum Cleaner tersebut mengandung aliran listrik yang dapat merusak komponen gadget.

Selain itu, jangan memakai alat yang meniup angin seperti Hair Dryer atau pengering rambut. Karena, dengan meniup aingin maka akan menambah lembab pada bagian gadget.

Cara lainnya jika Anda tidak bisa membongkar gadget tersebut, yaitu dengan cara masukan atau rendam gadget ke dalam beras minimal semalam. Atau bisa juga rendamkan ke dalam serbuk silika. Biasanya serbuk silika terdapat di dalam dus sepatu yang baru dibeli dengan tulisan “Do Not Eat”.

Nah, jika semua langkah di atas sudah dilakukan, nyalakan kembali gadget Anda. Namun jika masih tidak nyala, coba charge gadget Anda karena bisa kemungkinan baterai mengalami kerusakan. Masih tidak mau nyala juga, langkah terkahir bawa secepatnya ke tukang reparasi atau Service Center terdekat. (Adi/R5/HR-Online)

KOMENTAR ANDA

Komentar

Related articles