Hadapi MEA, Pengrajin Gula Banjar, Ciamis & Pangandaran Dapat Pelatihan

Hadapi MEA, Pengrajin Gula Banjar, Ciamis & Pangandaran Dapat Pelatihan

 

Puluhan pengrajin gula dari wilayah Kota Banjar, Kabupaten Ciamis dan Pangandaran, mengikuti kegiatan pembinaan dan pelatihan yang diselenggarakan Koperasi Petani Agropolitan Sumber Alam (Koptan ASA) Jawa Barat, Jum`at (25/03/2016), bertempat di Kantor Koptan ASA, di Dusun Parung, Desa Balokang, Kecamatan Banjar, Kota Banjar. Photo : Eva Latifah/ HR

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),-

Puluhan pengrajin gula dari wilayah Kota Banjar, Kabupaten Ciamis dan Pangandaran, mengikuti kegiatan pembinaan dan pelatihan yang diselenggarakan Koperasi Petani Agropolitan Sumber Alam (Koptan ASA) Jawa Barat, Jum`at (25/03/2016), bertempat di Kantor Koptan ASA, di Dusun Parung, Desa Balokang, Kecamatan Banjar, Kota Banjar.

Ketua Koptan ASA, Yudo Hernowo, ketika ditemui HR Online, Jum`at (25/03/2016), mengatakan, kegiatan pelatihan dan pembinaan pengrajin gula tersebut berhasil terselenggara berkat kerjasama Koptan ASA dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Banjar.

Yudo menjelaskan, pembinaan dan pelatihan pengrajin gula tersebut juga dilaksanakan dalam rangka menghadapi persaingan pasar bebas atau Masyarakat Ekonomi Asean (MEA). Menurut dia, materi yang disampaikan dalam kegiatan itu meliputi tentang produksi, pengemasan dan pemasaran gula.

“Termasuk di dalamnya materi soal kebersihan dan kesehatan produk gula yang akan dijual ke pasaran,” katanya.

Hadapi MEA, Pengrajin Gula Banjar, Ciamis & Pangandaran Dapat Pelatihan2

Untuk menghadapi MEA, Yudo menambahkan, pengrajin gula juga harus memperhatikan prosedur pendirian sebuah lembaga usaha, seperti ijin usaha, ijin tempat usaha, produk berkualitas dan sehat.

Yudo juga berharap, paska kegiatan pelatihan dan pembinaan tersebut, pengrajin gula bisa mendapatkan gambaran mengenai usaha produksi gula berkualitas dan dapat bersaing di pasar bebas. (Eva/R3/HR-Online)

KOMENTAR ANDA

Komentar

Related articles