Hati-hati! Duduk Terlalu Lama Dapat Menyebabkan Depresi

Hati-hati! Duduk Terlalu Lama Dapat Menyebabkan Depresi

Photo: Ilustrasi net/Ist.

Berita Kesehatan, (harapanrakyat.com),-

Selain berdiri dan berjalan, duduk merupakan salah satu kegiatan yang banyak mendominasi hidup Anda. Sebagian besar aktivitas Anda dilakukan dengan duduk. Bahkan, dalam setiap harinya Anda bisa duduk lebih dari 8 jam. Terlebih saat Anda sedang sibuk dengan pekerjaan yang padat.

Banyak penelitian menyebutkan, ada beberapa dampak buruk akbat duduk terlalu lama, mulai tingginya risiko obesitas, saraf terjepit, sampai terjadinya penumpukkan lemak di pinggang.

Selain itu, merasa ngantuk dan lesu setelah duduk beberapa jam juga merupakan salah satu dampak buruk dari duduk terlalu lama.

Dilansir dari huffingtonpost.com, saat Anda duduk terlalu lama, maka aliran darah ke otak menjadi tidak lancar. Akibatnya, otak Anda mengalami kekurangan darah yang berisi oksigen. Padahal darah sangat bermanfaat, sehingga membuat Anda tetap merasa segar dan bersemangat.

Selain membuat Anda ngantuk, aliran darah yang tidak lancar di otak akibat terlalu lama duduk bisa membuat Anda kurang produktif serta kurang waspada. Bahkan, duduk selama beberapa jam juga akan meningkatkan potensi depresi dalam tubuh Anda, sebab sel otak penuh oleh beban dan menjadi lemot.

Dengan demikian, duduk terlalu lama ternyata tidak hanya berdampak buruk pada kesehatan fisik saja, namun kesehatan mental Anda juga dapat berpengaruh. Supaya terhindar dari dampak buruk tersebut, lakukan beberapa peregangan ringan ketika Anda duduk, atau melakukan aktivitas fisik seperti jalan-jalan berkeliling ruangan. (Eva/R3/HR-Online)

KOMENTAR ANDA

Komentar

Related articles