Hati-hati! Ini Efek Negatif Smartphone Terhadap Otak & Fisik

Hati-hati! Ini Efek Negatif Smartphone Terhadap Otak & Fisik

 

Ilustrasi. Photo : Ist/ Net

Berita Teknologi, (harapanrakyat.com),-

Ponsel pintar atau smartphone saat ini sudah menjadi alat atau gadget praktis yang dapat dengan mudah kita bawa kemanapun kita pergi. Selain berfungsi mempermudah pekerjaan, memiliki ponsel pintar juga menjadi kebanggaan, apalagi bila memiliki type atau jenis keluaran terbaru.

Kini, ponsel pintar atau smartphone telah menjadi gaya hidup. Tapi sayang, seperti dilansir dari lifehack.org, Sabtu (12/03/2016), ponsel pintar atau smartphone juga ternyata membawa efek negatif bagi kesehatan otak dan fisik manusia. Berikut efek negatif atau pengaruh buruk dari ponsel pintar terhadap kesehatan.

Efek Negatif terhadap Kesehatan Psikologis

Pertama, pemakaian ponsel pintar bisa mematikan mood atau kenyamanan hati. Terutama ketika berada dalam percakapan sebuah grup. Kondisi itu akan menyita perhatian kita dari interaksi sosial dengan lingkungan sekitar. Tentunya hal ini juga menurunkan kemampuan kognitif ketika bersosialisasi dengan sesama. Parahnya, akhir dari kondisi ini bisa membuat kita jadi pribadi yang tertutup.

Kedua, ponsel pintar saat ini sudah menjadi salah satu alat untuk mengabadikan sebuah momen berharga. Pada saat bersamaan, pemakaian alat tersebut justru menurunkan daya ingat otak kita. Sebab, pemakai ponsel pintar cenderung menggantungkan kebutuhannya terhadap gadget, termasuk untuk mengingat segala sesuatu.

Ketiga, dengan ponsel pintar, kita dapat mencari segala sesuatu dengan mudah melalui mesin pencarian. Tapi awas, ketergantungan terhadap itu justru akan menjadi bumerang bagi kita. Seorang Psikologi Kognitif dari University of Woterloo, Gordon Pennycook, mewanti-wanti, ketergantungan terhadap internet bisa menurunkan tingkat kecerdasan mental dan kemampuan memecahkan persoalan.

Efek Negatif terhadap Kesehatan Fisik

Pertama, dengan memiliki ponsel pintar, kita dipermudah untuk mengakses film, permainan, sosial media, ataupun aplikasi lainnya. Melalui layar mungil ponsel pintar, kita bisa dengan mudah melakukan sesuai sesuai keinginan. Hal ini tentunya mengurangi aktifitas fisik kita. Kondisi ini memungkinkan kita mengalami obesitas dan penyakit kronis lainnya.

Kedua, cahaya yang dipancarkan oleh ponsel pintar atau perangkat elektronik ternyata menghambat produksi hormon melatonin. Padahal, hormon melatonin ini memiliki fungsi untuk mengatur pola tidur kita.

Ketiga, bila anda pernah mendengar kasus kecelakaan lalu lintas akibat penggunaan ponsel pintar saat mengemudi, kasus itu juga kemungkinan besar bisa terjadi pada diri kita. (Deni/R4/HR-Online)

KOMENTAR ANDA

Komentar

Related articles