Ingin Ponsel Anda Aman Dari Pencuri, Ikuti Cara Ini

18/03/2016 Berita Terbaru , Teknologi
Ingin Ponsel Anda Aman Dari Pencuri, Ikuti Cara Ini

Ilustrasi. Photo : net/ist

Berita Teknologi, (harapanrakyat.com),-

Ponsel akhir-akhir ini sudah menjadi bagian penting dari kehidupan sehari-hari. Namun, Anda tentu akan jengkel, jika ponsel yang Anda punyai dan sukai hilang dicuri orang lain. Belum lagi ponsel yang hilang itu harganya sampai jutaan.

Dengan kemajuan teknologi dan permintaan pangsa pasar, ponsel sekarang ini mempunyai ukuran yang bisa digenggam oleh tangan. Sehingga kemungkinan ponsel hiang atau dicuri sangat besar, ditambah kita yang lalai untuk menjaga ponsel.

Baca Juga : Pendatang Baru, Vernee Bikin Smartphone Spesifikasi Gahar

Situs Irish Times, Jumat (18/3/2016), melaporkan, ada beberapa solusi yang dapat Anda lakukan untuk menjaga ponsel Anda dari pencuri atau hilang.

# Ingat Nomor IMEI Ponsel Anda

IMEI adalah singkatan dari “International Mobile Equipment Identity”. Masing-masing ponsel mempunyai kode atau nomor IMEI sendiri dan unik. Cara mengetahui nomor IMEI, di Android tersimpan di belakang baterai. Sedangkan di Iphone, Anda bisa lihat di tutup bagian belakang Iphone itu.

Fungsi dari IMEI sendiri yaitu untuk memudahkan identifikasi ponsel. IMEI juga bisa dipergunakan untuk memblok ponsel supaya tidak dapat mengakses ke jaringan seluler. Sehingga, jika ponsel Anda dicuri, Anda bisa minta ke provider agar ponsel Anda yang hilang diblok dengan menyerahkan nomor IMEI pada ponsel tersebut. IMEI juga sangat berguna bagi kepolisian untuk mengindentifikasi pencurian ponsel.

Baca Juga : Galaxy S7 vs iPhone 6s, Siapa yang Menang?

# Download Aplikasi Pelacak Ponsel

Saat ini lebih dari seratus aplikasi pelacak ponsel. Bisa dengan aplikasi Where’s My Droid, Android Lost Free, atau Plan B dan masih banyak lagi. Masing-masing aplikasi memiliki cara yang berbeda, tinggal memilih menurut Anda mana yang paling mudah dan akurat. Namun kelemahan dari aplikasi tersebut adalah pelacakan ponsel tidak akan berjalan jika ponsel tersebut mati.

Baca Juga : Waduh, Produk Apple Digemari Penjahat?

# Pakai Handsfree

Handsfree yang terdiri dari microphone dan earphone sangat berguna untuk memutar musik, menjawab panggilan telepon, tanpa harus memegang ponsel karena alat tersebut dengan menggunakan Bluetooth atau bisa dengan kabel. Sehingga resiko hilangnya ponsel akan dicegah. (Adi/R5/HR-Online)

KOMENTAR ANDA

Komentar

Related articles