Ini Lima Kunci Rahasia Jaga Berat Badan Tetap Ideal

Ini Lima Kunci Rahasia Jaga Berat Badan Tetap Ideal

 

Ilustrasi. Photo : Ist/ Net

Berita Kesehatan, (harapanrakyat.com),-

Laboratorium Cornell`s Food and Brand mengungkapkan sejumlah alasan kenapa sejumlah orang berhasil menjaga kesehatan, bentuk dan berat badan. Pasalnya, orang-orang tersebut menjaga rutinitas pola hidup sehat.

“Untuk menjaga berat badan agar tetap normal, mayoritas orang yang langsing ternyata tidak menjalankan diet ketat atau bahkan menerapkan pola hidup yang berat. Mereka justru menerapkan pola atau kebiasaan sehat yang sangat mudah,” kata Dr. Brian Wansink, seorang peneliti, seperti dilansir dari huffingtonpost.com, Jum`at (11/03/2016).

Dr. Brian pun mengungkap lima kebiasaan sehat yang selama ini menjadi kunci utama orang-orang yang berhasil menjaga kesehatan dan berat badan ;

#Selalu Sarapan

Sembilan puluh enam persen partisipan (orang yang berhasil menjaga kesehatan dan berat badan) selalu sarapan setiap hari. Hasil penelitian juga mengungkap bahwa orang yang melewatkan sarapan cederung mengonsumsi lebih banyak kalori pada siang hari atau saat jam makan siang.

#Selalu Berolahraga

Orang yang berhasil menjaga kesehatan dan berat badan selalu berolahraga lima kali dalam sepekan. Olahraga memberikan efek positif bagi tubuh dan otak, termasuk juga mengurangi tingkat stres dan depresi, juga menekan risiko diabetes. Efek postif lain dari olahraga adalah pola makan yang lebih sehat.aliran endorfin dari olahraga juga membantu menolak godaan makanan kurang sehat.

#Memiliki Timbangan

Orang yang berhasil menjaga kesehatan dan berat badan selalu mengecek kondisi tubuh mereka, termasuk menimbang berat badan. Menimbang kondisi berat badan secara rutin juga melatih untuk terus menururnkan, menjaga dan mempertahankan berat badan. Meski angka tertera pada timbangan hanyalah suatu ukuran, tapi hal itu dapat mengindikasikan progres menuju gaya hidup sehat.

“Kebiasaan menaiki timbangan, harusnya sama seperti kebiasaan anda menggosok gigi,” kata profesor nutrisi dan psikologi di Cornell University pada USA Today, David Levitsky.

#Tidak Membatasi Makanan

Sebanyak 44 persen partisipan atau orang yang berhasil menjaga kesehatan dan berat badan tidak memiliki batasan dalam menu makanan. Tapi, mereka menetapkan kebiasaan makan sehat, seperti: mengonsumsi makanan bermutu tinggi, tidak terlalu banyak diproses dan memasaknya sendiri di rumah.

#Memikirkan Asupan Makanan

Sebanyak 92 persen partisipan atau orang yang berhasil menjaga kesehatan dan berat badan selalu memikirkan dan menyadari asupan makanan yang mereka konsumsi. (Deni/R4/HR-Online)

KOMENTAR ANDA

Komentar

Related articles