Ini Manfaat Memotret Makanan Sebelum Dimakan

Ini Manfaat Memotret Makanan Sebelum Dimakan

Photo: Ilustrasi net/Ist.

Berita Gaya Hidup, (harapanrakyat.com),-

Memotret makanan sebelum dimakan lalu mengunggahnya ke media sosial adalah salah satu kebiasaan yang banyak dilakukan orang pada saat sekarang. Hal itu dilakukan ketika bentuk dan penampilan makanan tersebut terlihat cukup unik.

Namun ternyata, selain membuat seseorang terlihat eksis, mengambil photo makanan sebelum dimakan juga bisa mempengaruhi rasa dari makanan tersebut. Seperti dilansir dari NY Mag, sebuah penelitian yang dipublikasikan Journal of Consumer Marketing.

Dalam penelitian itu menemukan bahwa, usaha yang dilakukan seseorang dalam mengambil gambar makanan yang bagus menimbulkan persepsi rasa lebih lezat. Hasil itu diketahui berdasarkan tiga penelitian, masing-masing melibatkan sebanyak 120 partisipan.

Penelitian pertama dilakukan dengan cara membagi partisipan ke dalam dua kelompok, dan meminta setengahnya agar mengambil gambar makanan sebelum dimakan. Sedangkan sisanya langsung memakannya.

Hasilnya diketahui, partisipan yang mengambil gambar terlebih dahulu merasa makanan mereka lebih lezat dan lebih senang dibandingkan yang langsung memakannya, atau tidak memotret terlebih dulu.

Kemudian, pada penelitian kedua menggunakan makanan dengan label menyehatkan dan yang tidak berlebel pada sebuah kue yang sama. Sama seperti pada penelitian sebelumnya, dimana partisipan juga mengambil photo dari makanan sebelum memakannya. Partisipan beranggapan kue yang memiliki label menyehatkan menjadi lebih lezat dibandingkan yang tidak.

Selanjutnya penelitian ketiga, diketahui memotret makanan atau minuman sehat lalu mengunggahnya ke Instagram bisa membuat meningkatnya penilaian pada makanan tersebut. Munculnya pandangan itu dapat menyebabkan makanan atau minuman sehat tadi dianggap memiliki rasa lebih lezat. Hasil dari penelitian ini mungkin bisa menjadi cara cukup baik bagi banyak orang, supaya tertarik untuk mengonsumsi makanan dan minuman sehat.

Jadi, kalau ingin makanan Anda terasa lebih lezat, jangan jauhkan smartphone dari meja makan agar Anda tidak lupa untuk memotret makanan sebelum dimakan. (Eva/R3/HR-Online)

KOMENTAR ANDA

Komentar

Related articles