Kadinkes Ciamis ; Sudah Empat Dekade PPNI Mengawal Perjuangan Keperawatan

Kadinkes Ciamis ; Sudah Empat Dekade PPNI Mengawal Perjuangan Keperawatan

 

Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) Kabupaten Ciamis, Provinsi Jawa Barat, merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) ke 42, dengan menggelar upacara, Kamis (17/03/2016), bertempat di Aula Gedung Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKes) Muhammadiyah Ciamis. Photo : Eli Suherli/ HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) Kabupaten Ciamis, Provinsi Jawa Barat, merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) ke 42, dengan menggelar upacara, Kamis (17/03/2016), bertempat di Aula Gedung Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKes) Muhammadiyah Ciamis.

HUT PPNI ke 42 yang mengambil tema ‘Keperawatan Adalah Sumber Utama Pembentukan Sistem Kesehatan yang Handal Menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA)’ tersebut dihadiri seluruh anggota PPNI, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Ciamis dan 500 mahasiswa jurusan Keperawatan STIKes Muhammadiyah Ciamis.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Ciamis, drg. Engkan Iskandar, MM, pada saat memberikan sambutan mengungkapkan bahwa PPNI sudah empat dekade mengawal perjuangan keperawatan di Indonesia.

“Perawat merupakan sebuah profesi dimana mempunyai tugas dan wewenang yang jelas dalam sistem pelayanan kesehatan di Indonesia. Dan PPNI sebagai wadah organisasi profesi perawat mempunyai tanggungjawab untuk meningkatakan dan memelihara kompetensi perawat,” ungkapnya.

Lebih lanjut Engkan menuturkan, saat ini jumlah perawat di Indonesia mencapai lebih dari 900.000 orang, menempati jumlah terbesar dan tersebar di seluruh wilayah, mulai dari DPTK (Daerah Terpencil Perbatasan Kepulauan), tingkat masyarakat, kelurahan, kecamatan, kabupaten/ kota dan provinsi.

Mereka kata Engkan, bekerja di tatanan fasilitas pelayanan kesehatan meliputi Puskesmas, rumah sakit, panti-panti dan praktik mandiri. Selain itu perawat juga berada di institusi perguruan tinggi yang mendidik para calon perawat.

“Calon perawat yang berada di perguruan tinggi, merupakan calon perawat yang kelak akan menjadi perawat yang melaksanakan pekerjaan dengan kasih sayang, keihklasan dan caring  (kepedulian),” ucapnya.

Saat ini lanjut Engkan, di Kabupaten Ciamis perawat menempati jumlah terbesar dengan komposisi 50 persen lebih dari jumlah seluruh tenaga kesehatan, dimana secara kuantitas menjadi kekuatan yang efektif jika diberdayakan dalam melaksanakan program kesehatan nasional.

“Kami dari jajaran pemerintahan Kabupaten Ciamis mengucapkan dirgahayu PPNI ke 42, semoga bisa terus menjalankan tugas dan fungsinya sebagai organisasi profesi dan menjalankan pekerjaan kesehatan di masyarakat,” pungkasnya. (Es/R4/HR-Online)

KOMENTAR ANDA

Komentar

Related articles