Koperasi di Pangandaran Ini Berhasil Budidayakan Bibit Tanaman Buah

Koperasi di Pangandaran Ini Berhasil Budidayakan Bibit Tanaman Buah

Ilustrasi. Foto: Ist/Net

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),-

Koperasi Tunas Citra Karya yang beralamat di RT 35 RW 09, Dusun Cirapuan, Desa Sindangjaya, Kecamatan Manggunjaya, Kabupaten Pangandaran, Provinsi Jawa Barat, berhasil mengembangkan dan membudidayakan beraneka ragam jenis bibit tanaman buah-buahan.

Buah-buahan yang dibudidayakan koperasi tersebut diantaranya, anggur Brazil, anggur Beck, dan anggur merah, alpukat mantega, belimbing dewi, duren montong, duren bawer kaki tiga, duren 24 malaysia, duren merah, jambu bol damaika, jeruk mandarin, jeruk sankis, lengkeng kristal, lengkel matalada, lengkel diamond, mangga lokal (gedong gincu, laliciwo), mangga impor (Irwin, yuwen, chokanan buahan, chokanan kd, kiojay, golden), dan sawo jumbo.

Ketua Koperasi Citra Karya, Lukmanul Hakim, ketika ditemui Koran HR, pekan lalu, mengatakan, pemasaran bibit buah-buahan tersebut sampai ke sejumlah daerah seperti Sumatra, Kalimantan, Surabaya, Solo, Sukabumi dan Bandung.

Lukman juga mengimbau seluruh anggotanya untuk terus meningkatkan kapasitas produksi agar kesejahteraan anggota meningkat. “Tanpa kerjasama anggota, koperasi ini tidak akan maju. Koperasi ini milik kita bersama, maka ayo tingkatkan bersama-sama,” katanya.

Pengawas Koperasi Tunas Citra Karya, Aan Suhendar, mengatakan, usaha yang dijalankan koperasi dimulai dari nol. Dia mengaku bersyukur, meski belum 100 persen berhasil, tapi saat ini usaha yang dijalankan koperasi sudah berangsur membaik.

“Selain mengembangkan dan membudidayakan tanaman buah, koperasi juga membudidayakan benih pohon karet pengasil getah dan kayu. Kami mengkolaborasikan benih pohon karet PB 260 dan Ierr 112,” katanya.

Aan berharap, Pemerintah Daerah Kabupaten membantu membuka peluang pasar bagi Koperasi Tunas Citra Karya agar kesejahteraan anggota koperasi meningkat. (Andri/Koran-HR)

KOMENTAR ANDA

Komentar

Related articles