Larangan Merokok di Perkantoran Masih Dilanggar, Ini Kata Kasatpol PP Banjar

Larangan Merokok di Perkantoran Masih Dilanggar, Ini Kata Kasatpol PP Banjar

Sejumlah orang tampak sedang merokok di ruang lobi Kantor DPRD Kota Banjar. Photo: Muhafid/HR

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),-

Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Kasatpol PP) Kota Banjar, Yayan Herdiaman, SH., M.Si., mengatakan, bahwa penegakan Perda Nomor  7 Tahun 2013 tentang Kawasan Bebas Asap Rokok yang disertai Perwal memang sudah lama dilaksanakan. Tetapi tahapan demi tahapan masih perlu dilakukan, seperti halnya penegakan aturan merokok.

“Penegakan Perda itu kan bertahap. Kita lakukan sosialisasi terlebih dahulu, kemudian peneguran, dilanjutkan dengan tindakan tegas bagi pelanggar. Kendalanya, masih banyak yang belum memahami Perda tersebut. Namun saya selalu menyampaikan kepada anggota supaya melakukan peneguran terhadap perokok di sekitar perkantoran, di Setda contohnya,” terang Yayan, saat ditemui Koran HR, Selasa (01/03/2016) lalu.

Menurutnya, pembangunan TKM sebetulnya tidak harus bangunan permanen. Tapi, permasalahannya adalah kesadaran bersama yang harus disosialisasikan terhadap masyarakat terkait Perda tersebut.

Dia mencotohkan, di areal Pendopo tidak ada TKM, namun dirinya memerintahkan anggotanya yang merokok di tempat posko yang tidak digunakan. Artinya, mereka tidak diperkenankan merokok dalam ruangan.

Sedangkan, masalah sosialisasi yang dilakukan oleh Satpol PP, Yayan mengaku, bahwa Pemerintah Kota Banjar bersama Satpol PP sampai saat ini sedang melakukan tahapan sosialisasi.

“Sosialisasi yang dilakukan banyak bentuknya, mulai penempelan stiker himbauan dilarang merokok, sampai peneguran terhadap PNS yang merokok di kantor. Intinya, kami berharap semua elemen mendukung Perda ini. Karena, betapa indahnya jika Kota Banjar bebas dari asap rokok, serta bebas dari sampah,” kata Yayan. (Muhafid/Koran-HR)

Berita Terkait

Satpol PP Banjar Diminta Tegakkan Perda Larangan Merokok di Perkantoran

Tempat Khusus Merokok di Perkantoran Pemkot Banjar Mubazir

Aktifis Mahasiswa Sebut Bangunan TKM di Banjar Proyek Mangkrak

KOMENTAR ANDA

Komentar

Related articles