Lestarikan Kesenian Sunda, Disdik Ciamis Bina Guru Seni TK & SD

Lestarikan Kesenian Sunda, Disdik Ciamis Bina Guru Seni TK & SD

Ilustrasi. Foto: Dokumentasi HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Ciamis, Provinsi Jawa Barat, melakukan pembinaan terhadap 130 orang guru seni dari TK dan SD. Pembinaan itu berkaitan dengan pengembangan dan pelestarian kesenian asli sunda.

Kasi Kesenian dan Perfilman, H. Dedi Kusmana S.Pd., saat ditemui Koran HR, Senin (14/03/2016), mengatakan, guru tingkat SD dan TK yang mendapatkan  pembinaan merupakan perwakilan dari tiap UPTD (Unit Pelaksana Teknis Daerah) Pendidikan.

Dedi menuturkan, materi yang disampaikan pada pembinaan tersebut diantaranya tentang Seni Musik, Seni Tari dan Seni Sastra (puisi). “Pembinaan ini kami lakukan dalam rangka pengembangan pemahaman tentang seni musik, tari dan sastra. Pada intinya guru dapat memanfaatkan jenis benda atau barang yang ada di lingkungan sekolah,” katanya.

Lebih lanjut, Dedi menjelaskan, para peserta yang merupakan guru seni ini diharapkan bisa mengimplementasikan hasil dari pembinaan ke sanggar dan sekolah masing-masing.

Sementara itu, Kepala Bidang Kebudayaan Disdikbud Ciamis, H. Dudung Abdullah, menuturkan, pembinaan ke guru SD dan TK sengaja dilakukan agar mereka mampu mempertahankan kesenian dengan cara menerapkannya mulai dari anak usia dini.

“Bukan hanya itu, cara berpakaian adat pun harus dimulai sejak anak usia dini. Dan guru harus bisa memperkenalkan tentang kesenian khususnya kesenian sunda,” katanya.

Dudung meyakini, pelatihan terhadap guru-guru kesenian dapat menjadi tambahan pengetahuan dalam pengembangan kearifan lokal di daerah. Sebab menurut dia, saat ini sudah sangat minim generasi muda yang tertarik dalam pengembangan musik tradisi. (DSW/Koran-HR)

KOMENTAR ANDA

Komentar

Related articles