Meski Tak Ada Himbauan MUI, Ratusan Warga Banjar Sholat Gerhana Matahari

Meski Tak Ada Himbauan MUI, Ratusan Warga Banjar Sholat Gerhana Matahari

Masyarakat Kota Banjar, Jawa Barat, melakukan sholat sunat gerhana matahari di Mesjid Agung Banjar. Photo: Hermanto/HR.

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),-

Ratusan masyarakat Kota Banjar, Jawa Barat, melakukan sholat sunat gerhana matahari di Mesjid Agung Banjar, Rabu pagi (9/3/2016), sekitar jam 07.00 WIB. Imam sekaligus khotib sholat gerhana matahari, Ustadz Mahfud, dalam tausyiahnya mengajak kepada seluruh jamaah untuk memaknai peristiwa alam tersebut.

Hal ini sebagai wujud dalam menguatkan keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT. “Kita sebagai hambanya harus berupaya mendekatkan diri, taat akan kekuasaan-Nya, karena gerhana matahari ini merupakan kuasa-Nya,” kata Mahfud.

Sementara itu, Ketua Komisi I DPRD Kota Banjar, Ustadz Natsir Muhammad, mengatakan, seharusnya gerhana matahari ini menjadi moment berharga dan sebagai bahan renungan umat manusia, dimana Allah SWT menunjukkan kekuasaan-Nya.

“Moment ini tidak hanya diabadikan dalam bentuk photo, tapi harus menjadi penguatan keimanan kita kepada Sang Pencipta,” ujarnya, kepada HR Online, usai melaksanakan sholat gerhana matahari.

Dengan datangnya fenomena alam ini, lanjut Natsir, masyarakat, khususnya umat muslim, disunahkan melaksanakan sholat gerhana, terlebih ini sunnah muakkad. Namun, sangat disayangkan masih banyak masyarakat yang tidak melaksanakannya karena tidak ada anjuran yang masif dari MUI.

Selain itu, peristiwa tersebut juga jangan disangkut pautkan dengan hari kiamat. Sebab, kiamat tidak ada satu orang pun yang tahu. Momentum gerhana matahari harusnya memperbanyak perbuatan kebaikan, ketakwaan, introspeksi diri dan mempekuat keimanan. (Hermanto/R3/Koran-HR)

KOMENTAR ANDA

Komentar

Related articles