Peduli Kesehatan, HMJ STIKES BP Banjar Gelar Cek Kesehatan Gratis

Peduli Kesehatan, HMJ STIKES BP Banjar Gelar Cek Kesehatan Gratis

Seorang warga tengah dicek kesehatannya oleh mahasiswa STIKES Bina Putra Banjar, dalam kegiatan cek kesehatan gratis di area Banjar Water Park (BWP). Photo: Hermanto/HR.

Banjar Banjar, (harapanrakyat.com),-

Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKES) Bina Putra Banjar, Jawa Barat, menggelar cek kesehatan gratis bagi masyarakat di areal Banjar Water Park (BWP), Minggu pagi tadi (06/03/2016).

Kegiatan rutin yang digelar setiap satu minggu sekali ini mendapat respon positif dari masyarakat. Terbukti, puluhan warga tampak antusias mengikuti pelayanan kesehatan gratis tersebut.

Kegiatan para mahasiswi jurusan Kebidanan dan Ilmu Kesehatan Masyarakat (IKM) itu meliputi  pemeriksaan tensi darah, penimbangan badan, tinggi badan dan gizi. Mereka menggelar pelayanan kesehatan mulai dari jam 06.00 WIB hingga jam 08.00 WIB.

Upi Novitasari (19), salah seorang mahasiswi jurusan IKM, mengatakan, kegiatan rutin ini dibagi beberapa kelompok. Selain membantu kesehatan masyarakat, juga bertujuan untuk mempromosikan kampus.

“Kegiatan ini kami gelar setiap Minggu pagi di beberapa tempat keramaian, seperti Alun-alun, Taman Kota, dan Banjar Water Park,” terangnya.

Selain memberikan pelayanan kesehatan bagi masyarakat, lanjut Upi, tujuan dari kegiatan tersebut sekaligus merupakan salah satu praktek mata kuliah mahasiswa STIKES. “Ini merupakan pengabdian kami kepada masyarakat dalam memberikan pelayanan kesehatan,” ucapnya.

Dia menyebutkan, dari hasil cek kesehatan, rata-rata warga bertensi darah tinggi, tapi sebagian ada pula yang berdarah rendah. Pihaknya pun membantu meminimalisir penderita diabetes dan hipertensi.

Sementara itu, Yanto (36), salah seorang warga Sukarame, Kecamatan Banjar, menilai, kegiatan para mahasiswa STIKES ini sangat positif, karena dapat membantu masyarakat yang memerlukan cek kesehatan. (Hermanto/R3/HR-Online)

KOMENTAR ANDA

Komentar

Related articles