Pembangunan SAB di Langkaplancar Pangandaran Telan Biaya 2,9 Miliar

Pembangunan SAB di Langkaplancar Pangandaran Telan Biaya 2,9 Miliar

 

Sejumlah pekerja sedang membangun penampungan sarana air bersih. Photo : Aceng/ HR

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),-

Warga Desa Pangkalan dan Jayasari, Kecamatan Langkaplancar, Kabupaten Pangandaran, Provinsi Jawa Barat, sebentar lagi akan segera mendapatkan fasilitas sarana air bersih. Pembangunan sarana air bersih tersebut diperkirakan bakal memakan waktu sekitar 224 hari kalender dengan menghabiskan dana sekitar 2,9 miliar. Anggaran pembangunan sarana tersebut bersumber dari bantuan pemerintah pusat.

Kepala Desa Pangkalan, Ruhyana, S.Sy,MM., ketika ditemui HR Online, belum lama ini, mengatakan, sumber air yang akan digunakan untuk menunjang pembangunan sarana air bersih tersebut berasal dari Sungai Curug Uhan.

“Airnya jernih. Meski kemarau sumber air tersebut tidak pernah surut,” katanya.

Ruhyana menjelaskan, sumber air tersebut lokasinya memang sangat jauh dari pemukiman warga. Pasalnya, jarak antara sumber air dengan pemukiman penduduk tersebut mencapai hingga 3,2 kilometer.

“Kami minta warga yang tanahnya dilewati pipa air bersih memakluminya, karena semua ini adalah untuk kepentingan masyarakat,” katanya.

Ade, warga Pangkalan, ketika ditemui HR Online, berharap pembangunan sarana air bersih berjalan sesuai rencana dan tidak dilakukan dengan asal-asalan. Dia juga meminta pengelolaan sarana air bersih dilakukan secara transparan agar tidak menimbulkan kecemburuan di tengah masyarakat.

Informasi yang berhasil dihimpun HR Online, selain dari sungai, sumber air untuk kebutuhan warga juga diambil dari Curug Cibatubeulah. Air tersebut rencananya untuk memenuhi kebutuhan warga Jayasari, Cimanjeti dan Datar Kiara. (Ceng/R4/HR-Online)

KOMENTAR ANDA

Komentar

Related articles