Pemkab Ciamis Ajak Pemkot Banjar Ikut Kelola Bank Surya Galuh

Pemkab Ciamis Ajak Pemkot Banjar Ikut Kelola Bank Surya Galuh

Ilustrasi. Foto: Ist/Net

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Asisten Daerah (Asda) II Bidang Pembangunan Setda Pemkab Ciamis, Soekiman, mengatakan, pihaknya akan menawarkan saham Bank Surya Galuh ke pemerintah kabupaten/kota lainnya atau daerah yang berdekatan dengan Kabupaten Ciamis.

“Rencananya kita akan menawarkan ke Pemkot Banjar dulu, karena wilayahnya paling dekat. Mungkin kedepan bisa saja kita mengajak lagi Pemkot Tasikmalaya dan Pemkab Tasikmalaya untuk bersama-sama mengelola bank ini,” terangnya, kepada Koran HR, pekan lalu. [Berita Terkait: Kerjasama Ciamis- Pangandaran, Bank Surya Galuh Tinggal Tunggu Ijin OJK]

Soekiman berharap Pemkot Banjar nantinya bersedia diajak bergabung untuk menjadi salah satu pemegang saham Bank Surya Galuh. Karena, menurutnya, kerjasama itu akan saling menguntungkan, sebab disokong oleh saham dari beberapa pemerintah daerah.

“Kalau sebuah pemerintah daerah membentuk bank sendiri, tentunya akan berat dari segi anggaran. Karena membentuk sebuah bank harus dengan modal yang tidak sedikit. Tetapi, kalau mengelola bank dengan konsep kerjasama dengan beberapa Pemda, tentunya akan ringan dan nantinya saling menguntungkan,” ujarnya.

Menurut Soekiman, meski nantinya pengelolaan Bank Surya Galuh dikerjasamakan dengan Pemkab Pangandaran atau ditambah dengan pemerintah daerah lainnya, namun kantor pusat bank ini tetap berada di Ciamis.

“Saat ini kantor cabang BKPD yang masih berdiri hanya di Lakbok, Pangandaran dan Cijulang. Namun, apabila Bank Surya Galuh sudah terbentuk dan dikerjasamakan dengan Pemkab Pangandaran dan Pemda lainnya, maka direncanakan akan dibuka kantor cabang baru di beberapa kecamatan di Kabupaten Ciamis dan Pangandaran, termasuk di beberapa kecamatan di wilayah Pemda lain yang berminat bergabung,” terangnya. (Bgj/Koran-HR)

KOMENTAR ANDA

Komentar

Related articles