Pengrajin Pangandaran Sulap Tunggul Pohon jadi Bernilai Jutaan Rupiah

Pengrajin Pangandaran Sulap Tunggul Pohon jadi Bernilai Jutaan Rupiah

Yudi tengah menyelesaikan ukiran patung kayunya. Photo: Entang SR/HR.

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),-

Seorang pengrajin bernama Yudi, warga Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, mengubah limbah tunggul pohon kelapa dan jati menjadi sebuah karya seni yang bernilai hingga jutaan rupiah.

Saat ditemui HR Online di bengkel seninya, Sabtu (12/03/2016), Yudi menuturkan, bahwa limbah dari kedua jenis pohon tersebut disulap menjadi sebuah barang atau patung ukiran yang istimewa, dan memiliki nilai ekonomi tinggi bila dijual ke pasaran.

“Saya beli limbah tunggul pohon itu kemudian saya bikin menjadi sebuah barang tempat penyimpanan makanan dan buah-buahan, atau dibuat ukiran patung,” tuturnya.

Dia mengaku pekerjaan yang digelutinya sekarang ini awalnya hanya sekedar iseng. Namun, lama-kelaman menjadi sebuah hoby yang keterusan, menginggat hasil yang didapatnya pun cukup lumayan. “Harga barang hasil seni dari limbah pohon ini beraneka ragam, mulai dari harga 200 ribu rupiah sampai 15 juta rupiah,” kata Yudi.

Sementara itu, Asep, salah seorang pegawai di bengkel seni milik Yudi, mengaku, untuk menyelesaikan satu kerajinan atau ukiran, tergantung seberapa besar ukuran yang akan dibuatnya.

“Kalau membuat tempat makanan atau tempat menyimpan buah, waktu yang dibutuhkan cukup satu hari saja, dan khusus untuk ukiran yang besar butuh waktu dua minggu,” kata Asep. (Ntang/R3/HR-Online)

KOMENTAR ANDA

Komentar

Related articles