Perhutani Ciamis Pasang Rambu Zona Bahaya di Objek Wisata Alam

Perhutani Ciamis Pasang Rambu Zona Bahaya di Objek Wisata Alam

Perum Perhutani KPH Ciamis memasang rambu-rambu zona bahaya. Hal itu dilakukan demi menjaga keselamatan wisatawan yang datang ke obyek wisata. Photo : Eli Suherli/ HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Banyaknya tempat wisata alam yang berada di kawasan hutan, Perum Perhutani Kesatuan Pemangku Hutan (KPH) Ciamis memasang rambu-rambu zona bahaya. Hal itu dilakukan demi menjaga keselamatan wisatawan yang datang ke obyek wisata.

Kaur Humas Perum Perhutani KPH Ciamis, Aan Heliaman, ketika ditemui Koran HR, pekan lalu, mengatakan, pemasangan rambu zona bahaya itu tiada lain sebagai bentuk tanggungjawab pengelola obyek wisata alam demi keselamatan pengunjung.

“Rambu-rambu zona bahaya yang kami pasang seperti larangan berenang, rambu jalur evakuasi yang tersebar di lima obyek wisata alam yang dikelola oleh Perum Perhutani KPH Ciamis,” katanya.

Aan melanjutkan, obyek wisata yang dikelola Perum Perhutani yaitu Curug Tujuh Cibolang Panjalu, Situ Mustika, Karang Nini, Taman Wisata Alam Pangandaran dan Obyek Wisata alam Citumang.

Menurut Aan, kelima obyek wisata alam itu satu berada di Kabupaten Ciamis, satu di Kota Banjar dan tiga berada di Kabupaten Pangandaran. Aan menegaskan, di tempat wisata alam tersebut terdapat titik-titik zona bahaya sehingga dipasang rambu-rambu.

Lebih lanjut kata Aan, rambu yang dipasang seperti di Curug Tujuh Cibolang, pihaknya memasang rambu di lintasan jalur menuju curug karena jalannya curam, untuk di Citumang rambu yang dipasang larangan aktifitas berenang tanpa dilengkapi safety pelampung dan harus didampingi pemandu.

“Intinya rambu larangan zona bahaya di tempat wisata alam Perum Perhutani, tiada lain untuk menghimbau kepada seluruh wisatawan agar memperhatikan keselamatan diri masing-masing ketika berada di obyek wisata,” jelasnya.

Tidak hanya itu tambah Aan, selain memasang rambu zona bahaya, pihaknya juga memasang beberapa spanduk yang isinya mengimbau kepada wisatawan yang datang supaya menjaga kebersihan, keamanan dan ketertiban umum. Hal itu penting sekali agar semua wisatawan bisa dengan nyaman datang ke obyek wisata alam Perhutani.

Ia menambahkan, selain rambu dan juga pemasangan spanduk, pihaknya juga menyediakan fasilitas keamanan seperti pos lifeguard yang dilengkapi dengan petugas bersertifikat, pos kesehatan serta terus menjalin koordinasi dengan unsur terkait dan kelompok masyarakat penggerak wisata.

“Keberadaan obyek wisata alam yang kami kelola saat ini bisa memberikan manfaat bagi kelangsungan perekonomian masyarakat. Kami juga bekerjasama dengan masyarakat demi menjaga dan memberikan rasa nyaman kepada wisatawan yang datang,” pungkasnya. (es/Koran-HR)

KOMENTAR ANDA

Komentar

Related articles