Persoalan Sampah di Pantai Pangandaran Terus Dikeluhkan Wisatawan

Persoalan Sampah di Pantai Pangandaran Terus Dikeluhkan Wisatawan

Kawasan pantai pangandaran masih belum terbebas dari sampah. Menurut dia, hampir di setiap sudut sampah masih saja ditemukan. Photo : Entang Saeful Rachman/ HR 

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),-

Kabupaten Pangandaran memiliki banyak potensi wisata. Maka dari itu dengan segudang potensi tersebut, Pemerintah Daerah Kabupaten Pangandaan bercita-cita menjadikan Pangandaran sebagai salah satu tujuan pariwisata dunia serta menjadikan Pangandaran sebagai Bali kedua di tahan air.

Namun tidaklah mudah untuk mewujudkannya. Hal tersebut perlu dukungan semua pihak baik dari lembaga eksekutif, legislatif dan masyarakat harus saling mendukung satu sama lain. Termasuk bagaimana caranya mencari solusi yang tepat terhadap segala problematikanya, salah satunya masalah kebersihan yang selama ini menjadi perhatian serius para wisatawan.

Yudi, salah seorang pengunjung asal Bandung, saat dimintai keterangan, beberapa waktu yang lalu, mengatakan bahwa masalah kebersihan mutlak harus menjadi prioritas di kawasan wisata Pangandaran.

“Bukan hanya di pantainya saja, melainkan di area wisata lainnya mesti terbebas dari sampah,” katanya.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Pangandaran, Muhlis, ketika ditemui Koran HR, pekan lalu, menyatakan bahwa perihal sampah atau kebersihan bukanlah tanggungjawab pihaknya. Meskipun demikian, pihaknya sudah mengintruksikan kepada seluruh pegawai untuk ikut berperan aktif dalam menjaga kebersihan di areal wisata.

Yatno, pemerhati pariwisata, saat dimintai tanggapan, mengungkapkan, kawasan pantai pangandaran masih belum terbebas dari sampah. Menurut dia, hampir di setiap sudut sampah masih saja ditemukan.

Dia berharap Pemerintah Daerah Kabupaten Pangandaran mempersiapkan lebih banyak tempat sampah, serta memasang himbaun bagi warga dan wisatawan untuk tidak membuang sampah sembarangan.

Sebelumnya, Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti, meminta Pemerintah Daerah Kabupaten Pangandaran membuat peraturan daerah mengenai persampahan. Dia juga mengusulkan agar siapapun yang melanggar peraturan tersebut agar didenda. (Ntang/Koran-HR)

KOMENTAR ANDA

Komentar

Related articles