Pilkades Serentak Gelombang I di Pangandaran Diikuti 10 Desa

Pilkades Serentak Gelombang I di Pangandaran Diikuti 10 Desa

 

Ilustrasi. Photo : Ist/ Net

Berita Parigi, (harapanrakyat.com),-

Sebanyak 10 desa akan menggelar pemilihan kepala desa (Pilkades) pada tanggal 22 Mei 2016 mendatang. Pelaksanaan Pilkades tersebut merupakan awal dari pelaksanaan Pilkades serentak di Kabupaten Pangandaran, Provinsi Jawa Barat.

Kepala Bidang Pemerintahan Desa BP3APK2BPMPD Kabupaten Pangandaran, Tjomi Suryadi, ketika dihubungi HR Online, Minggu (13/03/2016), menyebutkan, desa yang akan mengikuti Pilkades serentak gelombang pertama diantaranya, Desa Cimerak, Sindangwangi, Paledah, Sukanagara, Cibogo, Kalipucang, Putrapinggan, Jangraga, Purbahayu, dan Mekarwangi.

“Saat ini tahapan sudah ditempuh, mulai dari sosialisasi, kemudian pembentukan panitia pemilihan, pelantikan panitia (21 Maret), menyusun program kerja, pengumuman pendaftaran calon kepala desa (22 Maret), pengundian dan penetapan nomor urut calon, pemungutan dan penghitungan suara (22 Mei),” katanya.

Tjomi menjelaskan, penetapan calon kepala desa terpilih akan dilakukan pada tanggal 23-24 Mei 2016. Tahapan selanjutnya pengesahan dan pelantikan dengan keputusan Bupati paling lama 30 hari kerja.

Menurut Tjomi, anggaran yang disiapkan untuk pelaksanaan Pilkades serentak 10 desa mencapai sebesar Rp. 446.375.000,-. Dana itu bersumber dai Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Pangandaran tahun 2016.

“Kita berharap proses pemilihan kepala desa nanti bisa berjalan secara demokratis dan tidak terjadi konflik yang merugikan masyarakat, karena semuanya sudah difasilitasi oleh pemerintah daerah,” kata Tjomi.

Kepala Bagian Hukum, Organisasi dan Perpustakaan Daerah, Jajat Supriadi, SH.,M.Si, menuturkan, merujuk pada UU Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa, sudah disebutkan berbagai persyaratan bagi yang ingin mencalonkan diri sebagai kepala desa.

“Selain itu kepala desa terpilih bisa selama enam tahun dan boleh mencalonkan sebanyak tiga periode,” pungkasnya. (Mad/R4/HR-Online)

KOMENTAR ANDA

Komentar

Related articles