Puluhan Kolam Ikan di Purwaharja Banjar Terendam Banjir

Puluhan Kolam Ikan di Purwaharja Banjar Terendam Banjir

Puluhan petak kolam ikan di Lingkung Siluman, Kelurahan Purwaharja, Kecamatan Purwaharja, Kota Banjar, terendam banjir, Rabu (23/3/2016). Photo : Hermanto/HR

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),-

Hujan yang terus mengguyur wilayah Kota Banjar dan sekitarnya, mengakibatkan puluhan petak kolam ikan di Lingkung Siluman, Kelurahan Purwaharja, Kecamatan Purwaharja, Kota Banjar, terendam banjir, Rabu (23/3/2016).

Terendamnya puluhan petak kolam ikan di sana disebabkan oleh meluapnya air selokan yang ada di sekitar. Jenis ikan yang lepas dari kolam adalah Gurame, Mujair, Lele, Kancra dan jenis ikan lainnya.

Tentunya hal tersebut membuat rugi para petani ikan, seperti yang diutarakan salah satu seorang petani ikan, Dede (40). Ia mengatakan akibat banjir ini, ia mengalami kerugian sampai belasan juta rupiah.

“Setiap hujan besar, pasti di sini selalu banjir, dan dipastikan kali ini gagal panen karena banyak ikan yang lepas,” ujarnya kepada HR Online, Rabu (23/3/2016).

Jajang (49), pemilik kolam ikan lainnya mengatakan, bahwa banjir tersebut terjadi hampir setiap hujan deras. Menurutnya, banjir diduga akibat dari gorong-gorong di selokan tersebut kecil, sehingga banyak sampah yang tersumbat.

Ditambahkannya, bahwa sebelum ada proyek gorong-gorong, di sini tidak pernah banjir separah sekarang ini.

“Saya berharap kepada pemerintah agar secepatnya memperbaiki gorong-gorong yang sempit, sehingga nantinya tidak ada lagi banjir di sini,” katanya. (Hermanto/R5/HR-Online)

KOMENTAR ANDA

Komentar

Related articles