Ritel di Banjar Klaim Belum Berlakukan Kresek Berbayar

Ritel di Banjar Klaim Belum Berlakukan Kresek Berbayar

Pengumuman kantong plastik berbayar yang dipajang di depan meja kasir salah satu minimarket di Kota Banjar. Photo : Nanang Supendi/HR.

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),-

Sebuah ritel di Kota Banjar mengklaim bahwa pihaknya belum memberlakukan kresek atau kantong plastik berbayar sepenuhnya kepada para pembeli, melainkan hanya sebatas uji coba.

“Kami belum berlakukan kantong plastik berbayar sepenuhnya, tapi baru sebatas uji coba saja,” kata Kasir Indomaret di Kota Banjar, Riska, saat ditanya HR Online, Kamis (03/02/2016).

Dalam uji coba ini, pihaknya sebagai bentuk sosialisasi memasang pengumuman berisi informasi tentang plastik berbayar seharga Rp.200.

“Kami juga menginformasikannya begitu transaksi pembayaran. Karena ini sifatnya uji coba, konsumen tidak dipaksakan membayar. Artinya, tidak membayar pun kresek tetap masih diberikan secara gratis,” tandasnya.

Menurutnya, uji coba ini dilakukan dalam 3 bulan ke depan. Sehingga mulai bulan Mei 2016, konsumen sudah dikenakan biaya untuk setiap belanja yang tidak membawa kantong sendiri.

“Ini sudah merupakan instruksi pimpinan kami, dan semata-mata atas kebijakan pemerintah pusat. Terlebih tujuannya bagus guna mengurangi dampak timbunan sampah plastik karena sulit diurai,” pungkasnya. (Nanks/R5/HR-Online)

KOMENTAR ANDA

Komentar

Related articles