Situ Wangi Berpotensi Jadi Obyek Wisata Unggulan di Ciamis

Situ Wangi Berpotensi Jadi Obyek Wisata Unggulan di Ciamis

Camat Kawali beserta unsur muspika setempat saat meninjau kawasan Situ Wangi di Desa Winduraja, Kecamatan Kawali, Kabupaten Ciamis. Photo: Eli Suherli/HR.

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),

Jika dikelola dengan baik, obyek wisata Situ Wangi yang berada di Desa Winduraja, Kecamatan Kawali, Kabupaten Ciamis, bisa menghasilkan Pendapantan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Ciamis dari sektor pariwisata.

Hal itu dikatakan Camat Kawali, Taufik Hidayat, ketika ditemui HR Online, Selasa (29/03/2016). Menurutnya, meski belum sepenuhnya dilakukan penataan, namun kawasan obyek wisata Situ Wangi sudah mampu menarik wisatawan.

“Setelah tahun 2014 dilakukan penataan oleh pihak Pemerintah Kabupaten Ciamis, dari mulai jalan dan juga tempat parkir kawasan wisata, kini tidak sedikit wisatawan lokal selalu datang ke Situ Wangi,” ungkapnya.

Taufik juga menyebutkan, bahwa luas kawasan obyek wisata tersebut kurang lebih sekitar 4 hektare yang meliputi luas situ dan tanah darat. Bahkan, air yang berada di Situ Wangi dialirkan oleh masyarakat setempat untuk mengairi sawah dan kolam ikan.

Selain itu, masih banyak potensi yang bisa dikembangkan di kawasan Situ Wangi sebagai bahan untuk dijadikan obyek wisata unggulan. Namun, tentunya pihak Pemkab Ciamis terlebih dahulu harus membebasakan lahan milik masyarakat yang berbatasan langsung dengan situ.

“Mudah-mudah tahun depan Pemerintah Kabupaten Ciamis kembali melakukan penataan kawasan Situ Wangi, sehingga bisa menjadi tempat wisata unggulan, khusunya di wilayah Ciamis Utara dan menghasilkan PAD,” harap Taufik. (es/R3/HR-Online)

KOMENTAR ANDA

Komentar

Related articles