Situ Wangi Cikal Bakal Lahirnya Olahraga Dayung di Ciamis

Situ Wangi Cikal Bakal Lahirnya Olahraga Dayung di Ciamis

Sejumlah atlit olahraga dayung Kabupaten Ciamis, tampak sedang berlatih di Situ Wangi, Desa Winduraja, Kecamatan Kawali. Photo: Eli Suherli/HR.

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Keberadaan Situ Wangi yang berada di Desa Winduraja, Kecamatan Kawali, Kabupaten Ciamis, merupakan salah satu cikal bakal lahirnya olahraga dayung yang melahirkan atlit-atlit dayung di Kabupaten Ciamis.

Dadang Kusmayadi, salah seorang tokoh masyarakat Kawali, mengatakan, dulu sebelum dibangun, Situ Wangi merupakan salah satu sumber mata air yang digunakan warga untuk mengairi sawah dan kolam.

“Namun setelah dibangun, Situ Wangi digunakan untuk latihan olahraga dayung, selain di Situ Panjalu. Bahkan, pertama lahir tim dayung di Kabupaten Ciamis berawal dari Situ Wangi, lalu terbentuk Persatuan Olahraga Dayung Seluruh Indonesia atau PODASI,” terang Dadang, kepada HR Online, saat ditemui Selasa (29/03/2016).

Selain dijadikan tempat latihan olahraga dayung, Situ Wangi juga menjadi obyek wisata yang kerap didatangi wisatawan lokal. Hampir setiap hari libur, rombongan wisatawan datang ke obyek wisata tersebut hanya untuk sekedar menikmati suasan alam di kawasan situ yang masih perawan.

“Bahkan pada pelaksanaan Pagelaran Pesta Wangi hari Minggu kemarin, masyarakat sekitar maupun dari luar Desa Winduraja sangat antusias datang untuk melihat pagelaran tersebut,” kata Dadang. (es/R3/HR-Online)

KOMENTAR ANDA

Komentar

Related articles